Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

PMI Kota Bekasi Resmi Layani Donor Plasma Konvalesen untuk Covid-19

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi resmi layani donor plasma konvalesen untuk terapi pasien Covid-19, Kamis (11/2/2021).

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Layanan donor plasma konvalesen yang sudah resmi dijalankan PMI Kota Bekasi, Kamis (11/2/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi resmi layani donor plasma konvalesen untuk terapi pasien Covid-19, Kamis (11/2/2021).

Peresmian dilakukan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama Ketua PMI Kota Bekasi Ade Puspitasari di markas PMI, Jalan Veteran, Margajaya, Bekasi Selatan.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat hadir di acara peresmian layanan donor plasma konvalesen PMI Kota Bekasi, Kamis (11/2/2021).
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat hadir di acara peresmian layanan donor plasma konvalesen PMI Kota Bekasi, Kamis (11/2/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, pihaknya bersyukur PMI Kota Bekasi telah resmi membuka layanan donor plas konvalesen di tengah tingginya permintaan.

"Bersyukur PMI kota Bekasi melaunching plasma donor plasma Kovalesen. Tidak semua daerah punya," kata Rahmat di Markas PMI Kota Bekasi.

Di Kota Bekasi kata dia, pandemi Covid-19 belum juga mereda, kehadiran layanan donor plasma konvalesen diharapkan dapat membantu penanganan Covid-19.

"Sesuatu yang tentunya bernilai manfaat, nilai urgensinya tinggi, maka itu sangat luar biasa trobosannya. Kalau ketua PMI ikut cara berfikir out of the box memang sudah harus begitu," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Bekasi Ade Puspitasari mengatakan, pengadaan alat donor plasma konvalesen merupakan hasil kerja sama operasional (KSO) dengan pihak ketiga.

"Kita tahu PK (plasma konvalesen) salah satu cara efektif untuk menyembuhkan pasien Covid-19, untuk membantu menyelamatkan nyawa manusia. PMI dapat mesin PK ini diakhir Januari. Kita KSO dengan pihak ketiga," kata Ade.

Alat donor plasma konvalesen yang dioperasikan PMI Kota Bekasi saat ini baru satu unit, pihaknya akan memaksimalkan sumber daya yang ada untuk melayani masyarakat.

Layanan donor plasma konvalesen yang sudah resmi dijalankan PMI Kota Bekasi, Kamis (11/2/2021).
Layanan donor plasma konvalesen yang sudah resmi dijalankan PMI Kota Bekasi, Kamis (11/2/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

"Dengan adanya pelayanan donor plasma konvalesen diharapkan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan angka kesembuhan Covid-19," tuturnya.

Adapun pendonor plasma konvalesen memiliki kriteria khusus diantaranya, pernah dinyatakan positif Covid-19 bergejala sedang hingga berat dan sudah dinyatakan sembuh.

Pria dan wanita yang belum penah hamil, usia 18 sampai 60 tahun, berat badan minimal 55 kilogram, tidak menderita hepatitis B, Hepatitis C, Sifilis dan HIV/AIDS.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved