Dinas Sosial Tangsel Beri Bantuan Bayi Hidrosefalus, Janji Daftarkan Sebagai Penerima Bansos

Dinas Sosial Tangerang Selatan (Tangsel) memberikan sejumlah bantuan kepada bayi usia 13 bulan yang menderita hidrosefalus. 

Penulis: Jaisy Rahman Tohir | Editor: Erik Sinaga
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Muhammad Falih Akmar, bayi usia 13 bulan terbaring minum susu melalui hidung, di ruang tengah sebuah rumah kontrakan, Jalan Kelapa Dua RT 5 RW 3, Babakan, Setu, Tangerang Selatan, Rabu (10/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SETU - Dinas Sosial Tangerang Selatan (Tangsel) memberikan sejumlah bantuan kepada keluarga Muhammad Falih Akmar, bayi usia 13 bulan yang menderita hidrosefalus. 

Hal itu diungkapkan Sekertaris Dinas Sosial Tangsel, Sarifudin Prawirya, saat dihubungi TribunJakarta.com, Jumat (12/2/2021).

Pihaknya mendatangi langsung orang tua Falih, Yani supriani (23) dan septian (28) di kediamannya di Jalan Kelapa Dua RT 5 RW 3, Babakan, Setu.

"Dinsos (Dinas Sosial) sudah melakukan home visit ke keluarga terkait untuk memberikan bantuan kebutuhan dasar dan dilakukan follow up  Kader Kesehatan dan pihak Keluharan," terang Sarif, panggilan karibnya.

Sarif menyebutkan sejumlah bantuan yang diberikan untuk pengobatan Falih, di antaranya, pembiayaan melalui BPKJS Kartu Indonesia Sehat, pemberian rujukan dari RSU Tangsel untuk operasi di RSUP Fatmawati, dan puskesmas yang memberikan pelayanan pasca-operasi.

"Kader kesehatan kelurahan dan pihak Kelurahan selalu memantau dan memfasilitasi terkait untuk kebutuhan rujukan yang bersangkutan," ujarnya.

Dari sisi administrasi kependudukan, Sarif menyebut pihak Kelurahan juga sudah mengambil peran.

"Memfasilitasi pembuatan KK, KTP, dan akte keelahiran anak (Adminduk) berhubung yang bersangkutan sebelumnya bukan warga Kota Tangsel berdasarkan adminduk," jelasnya.

Sarif juga menjanjikan keluarga Septian terdaftar pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) agar mendapat bantuan sosial pangan (BSP).

Baca juga: 5 Fakta Drama China Terbaru Go Ahead! di Viu, Siap-siap Langsung Marathon!

Baca juga: Wagub DKI: Vaksinasi Covid-19 Bagi Wartawan Awal Maret

Baca juga: Dirayakan Saat Pandemi Covid-19, Pemprov DKI Pastikan Imlek Berjalan Lancar

"Dinsos sudah memberikan bantuan kebutuhan dasar berupa beras 50 kilogram, kasur, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi," katanya.

Selain penerima BSP, Sarif mengatakan akan mendaftarkan Falih sebagai penerima jaminan sosial orang dengan kecatatan (JSODK).

"Akan diusulkan untuk mendapatkan bantuan JSODK Provinsi Banten," pungkas Sarif.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved