Breaking News:

Pesepeda Wajib Tahu, Jari Terasa Tak Nyaman Usai Bersepeda Bisa Jadi Tanda Cyclist's Palsy

Rasa yang tidak nyaman pada jari kelingking dan jari manis, itu bisa jadi tanda bahwa Anda mengalami gangguan Cyclist's Palsy

TribunJakarta/Muhammad Rizki Hidayat
Ilustrasi. Pastikan Anda bersepeda dengan postur tubuh yang benar agar terhindar dari Cyclist's Palsy 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Anda termaksud orang yang gemar bersepeda? kalau begitu, sebaiknya pastikan Anda bersepeda dengan postur tubuh yang benar agar terhindar dari Cyclists Palsy.

Apabila setelah bersepeda Anda mengalami rasa yang tidak nyaman pada jari kelingking dan jari manis, itu bisa jadi tanda bahwa Anda mengalami gangguan Cyclist's Palsy.

Seperti yang diungkapkan oleh Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Konsultan Hand & Microsurgery dari RS Pondok Indah, dr. Oryza Satria, Sp.OT (K).

"Hati-hati, posisi tangan yang salah dapat meningkatkan risiko terjadinya cyclist’s palsy. Apabila saat dan setelah bersepeda Anda merasakan jari manis dan kelingking tidak nyaman, hal ini biasanya disebabkan karena ulnar nerve, tertekan akibat terlalu lama berpegangan dengan handle bar," kata Oryza, dalam siaran Rumah Sakit Pondok Indah.

Rasa tidak nyaman pada jari manis dan kelingking, bisa disebabkan karena tertekannya ulnar nerve atau saraf ulnar.

Ulnar nerve, saraf yang mempersarafi kelingking dan jari manis dan melewati pergelangan tangan melalui sebuah terowongan bernama Guyon canal, tertekan akibat terlalu lama berpegangan pada handle bar. 

Kondisi ini sebetulnya disebut juga dengan Guyon canal syndrome.

Namun pada pesepeda, disebut dengan cyclist’s palsy.

Ia menjelaskan, bawah gejala cyclist’s palsy hanya terjadi pada jari manis dan kelingking saja, itupun spesifik terjadi saat atau setelah Anda bersepeda.

Halaman
123
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved