Breaking News:

Selain Tidak Merokok, Sederet Hal Ini Juga Bisa Mencegah Masalah Gangguan Kesuburan

Gangguan kesuburan, terjadi karena beberapa faktor. Bisa pada laki-laki, pada perempuan, atau mungkin keduanya.

Thinkstockphotos
Ilustrasi merokok 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Setiap pasangan, pasti tidak ingin mengalami gangguan kesuburan.

Mengutip data yang disampaikan oleh RS Pondok Indah IVF Center, data BKKBN tahun 2015 mengatakan, setidaknya ada 47 juta pasangan usia subur di seluruh Indonesia.

Sayangnya, dari jumlah tersebut diketahui sebesar 10-15 persen di antaranya mengalami gangguan kesuburan atau infertilitas.

"Jika sudah melakukan hubungan secara rutin 2-3 kali perminggu tanpa alat kontrasepsi selama 1 tahun, hal tersebut merupakan indikator waspada untuk mencari tahu apakah ada masalah yang mengakibatkan gangguan kesuburan," kata Dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi, dan reproduksi RS Pondok Indah IVF Centre, dr. Aida Riyanti, Sp.OG-KFER, MRep.Sc, Rabu (17/2/2021).

Gangguan kesuburan, terjadi karena beberapa faktor.

Bisa pada laki-laki, pada perempuan, atau mungkin keduanya.

Beberapa penyebab gangguan kesuburan pada laki-laki diantaranya seperti adanya gangguan jumlah, bentuk, dan kemampuan sperma bergerak, hingga materi genetik (DNA) sperma.

Sementara pada wanita seperti adanya gangguan pematangan sel telur (ovulasi), adanya sumbatan atau infeksi pada saluran indung telur, masalah pada rahim, serta adanya gangguan pada rahim/indung telur seperti kista cokelat (endometriosis).

Menurut Aida, apabila pasangan suami istri telah berhubungan intim secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi selama satu tahun lamanya, namun belum berhasil menciptakan kehamilan, sebaiknya perlu waspada.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved