Breaking News:

Tinjau Korban Banjir Semarang Jawa Tengah, Komisi VIII Ingatkan Pentingnya Hutan Kota

Sejumlah anggota Komisi VIII DPR RI bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau penanggulangan bencana banjir di kawasan utara Jawa Tengah.

Komisi VIII DPR RI bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau penanggulangan bencana  banjir di kawasan utara Jawa Tengah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah anggota Komisi VIII DPR RI bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau penanggulangan bencana banjir di kawasan utara Jawa Tengah.

Adapun beberapa daerah pantura yang terdampak seperti Pekalongan, Semarang, Kudus, Pati dan Demak.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka mengatakan, selain masalah penanggulangan bencana, Tim Kunjungan Kerja DPR RI juga membahas lain seperti masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak di masa pandemi dan masalah pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Kehadiran kami disini demi melihat bagai aman kondisi di daerah terkait penanggulangan bencana. Kami juga berharap mendapatkan banyak masukan terkait kerja-kerja kami di pusat. Pertemuan ini tentu saja sangat penting karena melalui pertemuan ini, kita dapat meningkatkan tali silaturahmi dan komunikasi antara pemerintah provinsi Jawa Tengah serta masyarakat dengan tetap mentaati protokol kesehatan", katanya.

Dia mengungkapkan, pemerintah daerah harus mulai mempertimbangkan pembangunan hutan kota sebagai salah satu upaya penanggulangan banjir.

"Sebagai langkah antisipasi banjir, Pemda harus mulai melihat kembali tata ruang. Di tiap kota mulai diketengahkan hutan kota untuk penyerapan air, orientasinya ekologi untuk tata kota," ujarnya.

Sementara itu, Ganjar menjelaskan, hujan bukan satu-satunya penyebab bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Jawa Tengah.

"Jadi ini ada faktor kerusakan hutan dan alih fungsi lahan di gunung dan penurunan tanah (land subsidience) di pesisir pantai. Dan daerah pantura Jawa Tengah ini termasuk yang penurunan tanahnya cukup mengkhawatirkan," ujarnya.

Dua faktor tersebut menyebabkan terbentuknya cekungan di tengah kota. Sehingga debit air yang tinggi dari hulu tidak mengalir ke laut.

"Hal ini membutuhkan komitmen jangka panjang dengan memperbaiki tata kota serta reboisasi lahan di pegunungan. Alhamdulillah, untuk Kota Semarang itu sedang direncanakan dengan membuat tanggul laut yang juga akan menjadi Tol Semarang-Demak," kaya politisi PDIP ini.

Selain melakukan pembahasan terkait penanggulangan bencana dan masalah sosial yang terjadi di Jawa Tengah, Komisi VIII juga menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial serta BPKH untuk penanganan korban bencana.

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved