Breaking News:

Curah Hujan Tinggi, BPBD Kota Tangerang Bersiap Menanggulangi Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang tengah bersiap menghadapi musibah banjir menyusul curah hujan yang cukup tinggi

TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Banjir setinggi 70 sentimeter yang menggenangi kawasan Kota Tangerang, Selasa (16/2/2021). Curah Hujan Tinggi, BPBD Kota Tangerang Bersiap Menanggulangi Banjir 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang tengah bersiap menghadapi musibah banjir menyusul curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini.

Sebab, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah mengeluarkan surat peringatan dini banjir di sejumlah wilayah Jabodetabek.

Dalam prediksi BMKG yang dikeluarkan pada Rabu (17/2/2021) siang, ada enam provinsi di pulau Jawa yang berstatus siaga banjir satu diantaranya Banten.

Daerah di Banten yang diprediksi akan terdampak banjir adalah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Deni Koswara mengatakan pihaknya siap menanggulangi bencana banjir sesuai prediksi BMKG.

"Kalau soal persiapan kami sudah siap dari dulu, dari alat dan personel sudah disiapkan," kata Deni saat dihubungi, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Siasat Pedagang Tanaman di Sunter Pertahankan Langganan Imbas Relokasi Proyek JIS

Baca juga: Hujan Deras, Banjir hingga Tanah Longsor Melanda Kota Depok

Ia menjelaskan, dari 13 kecamatan di Kota Tangerang ada beberapa wilayah yang jadi sorotan lantaran jadi langganan banjir tiap tahun.

Yakni Kecamatan Periuk dan sejumlah komplek perumahan di Kecamatan Karang Tengah.  

Menurut Deni, pihaknya menyiagakan personel 100 orang dari total 300 orang. 

Selain itu, juga menyiagakan fasilitas penunjang seperti perahu dan tenda. 

"Tenda kami berjumlah 24 unit. Nanti tenda kami bangun jika memang terjadi banjir untuk tempat evakuasi warga," katanya. 

Kendati demikian, BPBD Kota Tangerang akan menerapkan protokol kesehatan bagi warga yang berada di tenda pengungsian karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. 

Dia pun mengimbau kepada masyarakat Kota Tangerang untuk tidak membuang sampah sembarangan serta turut membersihkan saluran-saluran yang berpotensi mengakibatkan banjir.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved