Bukan Isapan Jempol, Ini 6 Jenis Tanaman Herbal Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Cegah Covid-19

Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir sehingga warga diminta tetap menjalankan protokol kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Kompas.com
Ilustrasi Temu Mangga. Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir sehingga warga diminta tetap menjalankan protokol kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir sehingga warga diminta tetap menjalankan protokol kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Satu diantara kebiasaan yang dilakukan masyarakat yakni mengonsumsi Tanaman Herbal atau jamu yang dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas.

Ternyata, anggapan atau cara tersebut bukan hanya isapan jempol semata.

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Akhmad Saikhu, MSc. PH., menjelaskan ada beberapa jenis tanaman yang secara empiris dapat manfaat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga baik untuk mencegah infeksi virus corona.

Berikut ini daftar tanaman herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh :

1. Pegagan

Ilustrasi Pegagan
Ilustrasi Pegagan (Kompas.com)

Tanaman yang memiliki nama latin Centela asiatica merupakan tanaman tradisional yang mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral.

Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside dapat mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik.

2. Bawang putih

Harga bawang putih di Pasar Cikini, Jakarta Pusat mengalami kenaikan cukup signifikan menjelang bulan suci Ramadan, Kamis (25/4/2019).
Harga bawang putih di Pasar Cikini, Jakarta Pusat mengalami kenaikan cukup signifikan menjelang bulan suci Ramadan, Kamis (25/4/2019). (TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci)

Tanaman dengan nama latin Allium sativum ini telah dikenal mempunyai banyak keunggulan, seperti:

  • Menjaga kesehatan dengan cara meregulasi hormon
  • Meregulasi aliran darah
  • Bahkan bisa meningkatkan gairan bercinta

Jika diperhatikan lebih jauh, bawang putih ini juga memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan yang mengesankan.

Bawang putih mengandung allicin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.

3. Temulawak

Pesagang rempah di Pasar Baru Bekasi Jalan Ir. H. Juanda Bekasi Timur, jahe merah dan temulawak naik saat heboh corona, Rabu, (4/3/2020).
Pesagang rempah di Pasar Baru Bekasi Jalan Ir. H. Juanda Bekasi Timur, jahe merah dan temulawak naik saat heboh corona, Rabu, (4/3/2020). (TribunJakarta/Yusuf Bachtiar)

Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb. tersebut dikenal memiliki efek yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved