Breaking News:

Jakarta Dikepung Banjir

Kawasan RW 04 Cipinang Melayu Diterjang Banjir, Warga Belum Terbebas dari Luapan Kali Sunter

Semringah warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur terbebas dari banjir luapan Kali Sunter hilang pada Jumat 19/2/2021

TribunJakarta.com/Bima Putra
Permukiman warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu yang terdampak banjir Kali Sunter, Jumat (19/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Semringah warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur terbebas dari banjir luapan Kali Sunter hilang pada Jumat (19/2/2021).

Meski pada Selasa (9/2/2021) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan RW 04 sudah bebas banjir berkat pembangunan sodetan dan waduk.

Pada Jumat (19/2) sekira pukul 06.00 WIB banjir luapan Kali Sunter dengan ketinggian berkisar dua meter menjamah permukiman warga RW 04.

Waduk Tiu dan Waduk Pondok Ranggon yang disebut Anies Baswedan berhasil mengendalikan debit air tak berdaya sehingga air meluap ke pemukiman warga.

Ketua RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Irwan Kurniadi mengatakan upaya Pemprov DKI menangani banjir Kali Sunter sebenarnya tak sepenuhnya gagal.

"Hulunya (Kali Sunter) mengalami ketinggian, sehingga Waduk Tiu yang sudah dibuat tidak lagi menampung. Ketinggian mencapai batas pintu air meluap," kata Irwan di Makasar, Jakarta Timur, Jumat (19/2/2021).

Penyebab Waduk Tiu di Kecamatan Cipayung yang berfungsi mengurangi debit air sebelum menuju ke aliran Kali Sunter meluap karena intensitas curah hujan.

Beberapa hari terakhir Jakarta Timur diguyur hujan deras, sejumlah permukiman warga selain RW 04 pun terdampak banjir akibat tingginya curah hujan.

"Di samping memang hujan ekstrem, dan di Waduk Tiu dan Waduk Pondok Ranggon I, II sudah terkoneksi semua, 11 hektar (luas waduk keseluruhan). Bayangkan, artinya mampu menampung debit air," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved