Breaking News:

Komponen Cadangan Disebut Rawan Timbulkan Konflik Horizontal

Dikhawatirkan mungkin ada yang tidak bisa membawa dirinya dalam menjaga negara dari ancaman.

TRIBUNJAKARTA.COM/ SATRIO SARWO TRENGGINAS
ILUSTRASI Pasukan TNI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan segera merealisasikan pembentukan Komponen Cadangan atau Komcad.

Adapun aturan teknisnya, berupa Peraturan Menteri Pertahanan sedang dipersiapkan.

Dosen Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya Malang Milda Istiqomah menyebut hadirnya Komcad rawan menimbulkan konflik horizontal di tengah masyarakat.

Hal ini dikarenakan tak adanya batasan-batasan antara kelompok militer dan sipil.

"Ini bisa menimbulkan berbagai macam implikasi salah satunya konflik horizontal, karena tidak ada mekanisme filter. Ini sangat berbahaya sekali, menimbulkan konflik horizontal, keterbelahan politk," ujarnya dalam diskusi dalam diskusi virtual Forum 4 De Facto dengan tema "Komponen Cadangan dan Ancaman Masa Depan Indonesia", Jumat (19/2/2021).

Menurutnya, indikasi ini akan menyebabkan terjadinya konflik horizontal karena nantinya mereka yang mengikuti pelatihan Komcad jiwanya akan menjadi setengah militer.

Dikhawatirkan mungkin ada yang tidak bisa membawa dirinya dalam menjaga negara dari ancaman.

"Pelatihan militer selama 3 bulan. Mereka yang kemudian tergabung mendapatkan uang saku dan sebagainya. Pertanyaan selanjutnya apa yang terjadi setelah mendapatkan pelatihan," ujarnya.

Dia juga menyoroti perumusan Undang-Undang nomor 23 tahun 2019 Tentang PSBN untuk Pertahanan Negara yang sangat buru-buru dan minim partisipasi publik.

"Kalau kami kritisi dalam proses perundangan, tidak ada partisipasi publik, itu sudah patut dipertanyakan tujuan dibentuknya UU ini," katanya.

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved