Breaking News:

7 Paket Proyek Pengendalian Banjir Kali Bekasi Dimulai 2021 Hingga ke Muara

Menteri Basuki Hadimuljono memastikan, tujuh paket proyek pengendalian banjir Kali Bekasi dimulai 2021

TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Aliran Kali Bekasi saat tinggi muka air (TMA) sedang meningkat, Sabtu (20/2/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, JATIASIH - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, tujuh paket proyek pengendalian banjir Kali Bekasi dimulai 2021.

Hal ini disampaikan Basuki saat meninjau banjir luapan Kali Bekasi di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Sabtu (20/2/2021).

"Kami sudah dari Kementerian PUPR membuat rencana penanganan secara sistemik dari hulu sampai hilir dibagi menjadi 7 paket," kata Basuki di Bekasi.

Dia menjelaskan, penanganan banjir di Kali Bekasi tidak bisa dilakukan dengan pendekat lokal. Artinya, proyek pembangunan tanggul maupun normalisasi harus dilakukan secara menyeluruh.

"Ini kan sistem dan penanganan banjir nggak bisa penanganan lokal-lokal. ini penanganan banjir Kali Bekasi kalau dari hulunya itu Cikeas dan Cileungsi, jadi satu menjadi Kali Bekasi," terang dia.

Tujuh paket proyek pengendalian banjir akan dimulai dari hulu tepatnya, di pertemuan Sungai Ciluengsi dan Cikeas (P2C) hingga ke Bendug Bekasi.

Kegiatan dari P2C sampai ke Bendung Bekasi selanjutnya disebut proyek paket satu, panjangnya 11 kilometer termasuk pembangunan tanggul permanen yang jebol di Perumahan PGP.

"Jadi tidak hanya perencanaan, sekarang ini sudah dilaksanakan Januari ini, tanda tangan kontrak perusahan ini akan dilakuakan pekerjaannya," ucap Basuki.

Basuki menambahkan, untuk paket dua sampai paket tujuh. Rencananya akan dikerjakan secara bertahap. 

"Jadi dari bendungan ke muara itu juga ada 6 paket lagi yang akan dikerjakan paket 5, 6 dan 7 dulu,  sedangkan paket 2, 3, dan 4 itu masih pembebasan lahan," jelasnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved