Breaking News:

Jakarta Dikepung Banjir

Personel Damkar Evakuasi Pasien Covid-19 yang Terjebak Banjir 2 Meter Saat Isolasi Mandiri

Pasien terkonfirmasi Covid-19 korban banjir yang menjalani isolasi mandiri dievakuasi Damkar Jakarta Timur

Dokumentasi Damkar Jakarta Timur
Proses evakuasi pasien terkonfirmasi Covid-19 warga korban banjir di Jakarta Timur, Sabtu (20/2/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Damkar Jakarta Timur mengevakuasi pasien terkonfirmasi Covid-19 korban banjir yang menjalani isolasi mandiri di rumah pada Sabtu (20/2).

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan pasien tersebut merupakan pria dewasa warga Kecamatan Jatinegara.

"Dievakuasi ke RS Darurat Wisma Atlet. Sebelumnya sempat isolasi mandiri di rumah, tapi karena sekarang kebanjiran jadi dievakuasi," kata Gatot di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (20/2/2021).

Proses evakuasi pasien terkonfirmasi Covid-19 dimulai pukul 17.30 WIB saat ketinggian banjir luapan Kali Cipinang tempat pasien tinggal berkisar 2 meter.

Evakuasi dilakukan karena sejak permukiman pasien terendam banjir pada Jumat (19/2) Gugus Tugas Covid-19 RW setempat kesulitan melakukan pemantauan.

Baca juga: Beredar Lagi Video Nissa Sabyan dan Ayus, Suami Ririe Fairus Sempat Disidang Keluarga 2 Minggu Lalu

"Anggota yang melakukan evakuasi lima orang, mengenakan alat perlindungan diri (APD) lengkap level 3 sesuaikan standar medis. Pasien kita jemput di rumahnya menggunakan perahu karet," ujarnya.

Gatot menuturkan dalam proses evakuasi pasien tersebut jajarannya bekerja sama dengan dua tenaga kesehatan Puskesmas Kecamatan Jatinegara.

Baca juga: Mereka yang Dapat Berkah Saat Banjir, Ini Kisah Montir Motor di Cipulir dan Ojek Gerobak di Tangsel

Baca juga: Jelang Malam, Empat RW di Makasar Masih Terdampak Banjir 2 Meter

Selain memiliki APD lengkap level 3, Personel Damkar Jakarta Timur dilibatkan karena memiliki bekal kemampuan evakuasi korban banjir.

"Dari rumahnya pasien dievakuasi menggunakan perahu karet lalu dibawa ke mobil ambulans. Selanjutnya pasien dibawa petugas Puskesmas ke RS Darurat Wisma Atlet untuk diisolasi," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved