Breaking News:

Jakarta Dikepung Banjir

Tanggul Bocor Sepanjang Kali Angke Sebabkan Banjir di Kapuk Muara

Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara adalah karena kebocoran tanggul.

TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Tanggul bocor di sepanjang Kali Angke menyebabkan banjir di permukiman warga Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (20/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Penyebab utama banjir yang merendam empat RW di Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (20/2/2021), ialah kebocoran tanggul.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara Adrian Mara Maulana mengatakan, banjir terjadi selepas hujan dengan intensitas tinggi beberapa waktu belakangan sehingga debit air Kali Angke bertambah.

Kemudian, air dari Kali Angke masuk ke jalan raya dan permukiman warga dari celah-celah sheetpile alias tanggul yang bocor di kali tersebut.

"Banjir ini karena intensitas hujannya tinggi, kebetulan Kali Angke-nya tinggi, jadi ada kebocoran-kebocoran dari sheetpile," kata Adrian di lokasi.

Selain itu, lanjut Adrian, air juga meluap dari saluran-saluran pembuangan yang dibuat warga di sepanjang tanggul Kali Angke.

"Dan juga ada kebocoran dari pembuangan-pembuangan warga, terutama dari saluran toilet dan pembuangannya mereka, jadi timbul ke jalan," ucap Adrian.

Di sisi lain, banjir makin diperparah oleh air kiriman serta pasang yang terjadi pagi hari tadi.

Pantauan TribunJakarta.com sore ini, banjir masih merendam ruas Jalan Kapuk Muara Raya dengan ketinggian sekitar 40-50 sentimeter.

Terlihat kondisi jalan yang terendam banjir membuat akses jalan sulit dilalui.

Halaman
12
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved