Info Kesehatan

Kaum Wanita Perlu Tahu, Kurang Tidur ketika Haid Bisa Buat Kulit Wajah Kusam Loh!

Terdapat beberapa masalah wajah ketika kualitas tidur tak baik diantaranya muncul tanda penuaan lebih cepat dan kulit wajah terlihat kusam.

Freepik
Ilustrasi. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Dokter spesial penyakit kulit dan kelamin, Dr Neesya Dwi Setyorini, SpDV menjelaskan, kulit wajah wanita bisa terlihat kusam ketika kurang tidur saat haid.

Hal ini diungkapkannya melalui konferensi pers virtual pada Jumat (19/2/2021).

"Kulit menjadi bagian tubuh paling terlihat jika kekurangan tidur," ujarnya.

Terdapat beberapa masalah wajah ketika kualitas tidur tak baik diantaranya muncul tanda penuaan lebih cepat dan kulit wajah terlihat kusam.

TONTON JUGA:

Terlebih, di malam hari itu biasanya kulit kita melakukan perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit mati. Jika kita kurang tidur, proses tersebut otomatis dapat terhambat.

"Bagi orang dewasa, waktu tidur dengan kualitas yang baik itu direkomendasikan antara 7-8 jam. Tidak boleh kurang dari 6 jam dan tidak boleh lebih dari 10 jam," jelasnya.

Tubuh kita sendiri memiliki jam biologis yang bila terganggu akan membuat kualitas tidur berkurang dan hal ini kerap kali terjadi ketika masa menstruasi.

"Saat kita tidak mendapat tidur yang cukup dan berkualitas, jam biologis tersebut akan terganggu dan berpotensi menghambat regenerasi kulit di malam hari," terangnya.

Dalam memperhatikan kualitas tidur malam hari, perempuan dapat memulainya dengan menghindari hal-hal yang dapat menjadi gangguan pada tidur mereka.

Senior Brand Manager PT Uni-charm Indonesia Tbk, Riama Simorangkir mengungkapkan bahwa perempuan sangat rentan mengalami gangguan saat tidur, terutama ketika masa menstruasi.

“Pada masa menstruasi, perempuan mengalami gangguan tidur yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti hadirnya perasaan tidak nyaman serta kekhawatiran akan pembalut bocor. Hal tersebut pun Charm temukan dalam hasil survey yang kami lakukan,” ujar Riama.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Charm, 9 dari 10 wanita Indonesia mengakui bahwa kualitas tidur yang baik adalah penting akan tetapi 6 dari 10 perempuan Indonesia terbiasa untuk bangun tengah malam untuk mengganti pembalut karena khawatir bocor di malam hari.

Tentunya hal ini sangat memprihatikankan karena masih banyak wanita Indonesia yang memiliki kualitas tidur yang tidak bagus.

38% wanita Indonesia menyadari bahwa kualitas tidur di saat menstruasi lebih rendah dibandingkan hari – hari biasa.

"Di saat tidur, kita memerlukan pembalut yang lebih panjang dibandingkan siang hari untuk mencegah bocor belakang karenanya Charm Safe Night hadir dalam 3 variant panjang dari 29cm, 35cm hingga 42cm," tegasnya.

Dengan dilengkapi bantalan serap yang mampu menyerap cairan hingga 12 jam, diharapkan wanita tidak perlu bangun tengah malam untuk mengganti pembalut dan dapat tidur nyenyak.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved