Breaking News:

Jakarta Diterjang Banjir

Banjir Surut, Warga Cipinang Melayu Kerja Bakti Bersihkan Lumpur

Warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur korban banjir luapan Kali Sunter mulai membersihkan rumahnya.

ISTIMEWA
Warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu saat membersihkan timbunan lumpur imbas banjir, Makasar, Jakarta Timur, Senin (22/2/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur korban banjir luapan Kali Sunter mulai membersihkan rumahnya.

Ketua RW 04, Irwan Kurniadi mengatakan warganya mulai membersihkan rumah setelah pagi tadi banjir yang merendam sejak Jumat (19/2) sepenuhnya surut.

“Untuk banjir di RW 04 Cipinang Melayu, pada pagi hari udah surut semua dimana pengungsi juga udah kembali ke rumah bersih-bersih,” kata Irwan di Makasar, Jakarta Timur, Senin (22/2/2021).

Baca juga: Datangi Pengungsi Cipinang Melayu Saat Rumah Mewahnya Kebanjiran, Wanita Emas Soroti Kinerja Anies

Mereka mulai membersihkan timbunan lumpur bercampur sampah yang masuk ke rumah imbas banjir setinggi dua meter pada Jumat (19/2/2021).

Lalu banjir setinggi tiga meter pada Sabtu (20/2/2021) yang kini menyisakan timbunan lumpur bercampur sampah di jalan permukiman dan rumah warga.

"Hari ini kita kerja bakti membersihkan lumpur, bersama petugas TNI-Polri, Pemda. Dari Damkar menyemprot lumpur, PPSU, semua ikut membantu bersih-bersih," ujarnya.

Ruminah (42), satu warga RW 04 yang jadi korban banjir menuturkan sebelumnya mengungsi ke satu rumah kerabat sejak Jumat (19/2/2021) malam.

Dia bergegas kembali ke rumahnya karena bila tidak cepat dibersihkan timbunan lumpur bercampur sampah mengeras sehingga lebih sulit dibersihkan.

Baca juga: Pakai APD Bagi-bagi Duit Korban Banjir Cipinang Melayu, Aksi Hasnaeni Moein Wanita Emas Dibubarkan

“Sebelum mengungsi sudah sempat mengevakuasi barang-barang ke lantai dua rumah. Alhamdulillah masih ada barang yang bisa diselamatkan, tapi sekarang harus bersih-bersih dulu," tutur Ruminah.

Sebelumnya hingga Sabtu (20/2) tercatat lebih dari 1.000 jiwa warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu mengungsi ke sejumlah posko pengungsian.

Di antaranya aula Universitas Borobudur, satu rumah pemuka agama di RW 04, Sekretariat RW 04, depan kampus Akpindo, dan tiga tenda di kolong Tol Becakayu.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved