Breaking News:

Jakarta Dikepung Banjir

Turap PHB Kali Induk Longsor, Akses Jalan Warga Batu Ampar Jaktim Terputus

Turap saluran PHB Kali Induk di Jalan Batu Sari, RT 17/RW 02, Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur longsor.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Turap saluran PHB Kali Induk di Jalan Batu Sari yang terdampak longsor di Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (22/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Turap saluran PHB Kali Induk di Jalan Batu Sari, RT 17/RW 02, Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur longsor.

Ketua RT 17/RW 02, Zaenal Arifin mengatakan turap sepanjang 30 meter tersebut awalnya longsor pada Senin (15/2/2021) sekira 02.00 WIB saat hujan deras  turun.

"Awalnya sekitar 20 meter yang terdampak. Tapi Sabtu (20/2), turap di bagian yang sama longsor juga, kejadian kedua sekitar 10 meter kena" kata Zaenal di Jakarta Timur, Senin (22/2/2021).

Longsor susulan tersebut terjadi sekira pukul 11.30 WIB saat hujan deras mengguyur Jakarta Timur, beruntung tak ada korban pada kedua kejadian.

Menurutnya turap dengan tinggi sekitar tiga meter itu longsor tergerus debit air yang nyaris meluap ke Jalan Batu Sari dan permukiman warga RT 17.

Personel Sudin SDA Satpel Kecamatan Kramat Jati saat proses penanganan turap saluran PHB Kali Induk yang longsor, Senin (22/2/2021).
Personel Sudin SDA Satpel Kecamatan Kramat Jati saat proses penanganan turap saluran PHB Kali Induk yang longsor, Senin (22/2/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

"Dampaknya akses jalan warga terputus, ini akses jalan vital karena banyak dilalui warga dari beberapa RT. Akses dari Jalan Batu Sari ke Jalan Raya Bogor. Jadi sekarang harus cari rute lain," ujarnya.

Zaenal menuturkan sejak awal kejadian jajaran Sudin Sumber Daya Air (SDA) Satpel Kecamatan Kramat Jati sudah melakukan penanganan longsor.

Baca juga: Nia Ramadhani Alami Insiden Tak Terduga saat Masak, Istri Ardi Bakrie Terdiam Tak Bisa Berkata-kata

Baca juga: Dapat Suntikan Rp 400 Miliar, Pemprov DKI Berencana Buat 300 Ribu Sumur Resapan

Baca juga: Sumur Resapan di Jakarta Baru Dibuat 2 Ribuan, Target Gubernur Anies Baswedan Meleset?

Yakni mengangkut puing longsoran turap agar tidak mengganggu debit air saluran PHB dan memasang cerucuk dolken guna mencegah longsor meluas.

"Untuk dampak rumah enggak ada, hanya akses jalan warga saja terputus. Tapi sudah dalam penanganan, mudah-mudahan enggak ada longsor susulan dan perbaikan cepat selesai," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved