Breaking News:

Perbaikan Turap Longsor di Batu Ampar Terkendala Akses Alat Berat

Upaya personel Sudin Sumber Daya Air (SDA) Satpel Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur memperbaiki turap aliran PHB Kali Induk yang longsor terkendala

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Personel Sudin SDA Kecamatan Kramat Jati saat melakukan pemasangan cerucuk dolken di Jakarta Timur, Selasa (23/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Upaya personel Sudin Sumber Daya Air (SDA) Satpel Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur memperbaiki turap aliran PHB Kali Induk yang longsor terkendala.

Tidak hanya kesulitan karena turap di Jalan Batu Sari, RT 17/RW 02, Kelurahan Batu Ampar memiliki panjang sekitar 30 meter dengan tinggi sekitar 3 meter.

Komandan Regu Satpel SDA Kecamatan Kramat Jati, Asmawi mengatakan perbaikan terkendala akibat alat berat tidak bisa masuk ke lokasi longsor.

"Kita lakukan secara manual karena alat berat tidak bisa masuk ke lokasi. Lokasinya kan berada di gang, jadi tidak masuk alat berat," kata Asmawi di Jakarta Timur, Selasa (23/2/2021).

Pasalnya lebar Jalan Batu Sari lokasi turap longsor hanya selebar dua meter atau hanya bisa dilalui sepeda motor sehingga alat berat tidak bisa menuju lokasi.

Sejak Senin (15/2) saat hari pertama longsor, delapan personel Sudin SDA Satpel Kecamatan Kramat Jati pontang-panting mengangkut puing longsoran.

Pasalnya bila tidak diangkat puing menghambat arus saluran PHB Kali Induk sehingga dikhawatirkan meluap saat hujan deras mengguyur Jakarta Timur.

Baca juga: Rebutan Vaksin Covid-19 di Pasar Tanah Abang, Akses Lift dan Eskalator Menuju ke Atas Dinonaktifkan 

"Setelah puing diangkat kita pasang cerucuk dolken agar longsor tidak meluas. Ini penanganan sementara sebelum turap kita bangun kembali. Pembangunan turap juga ditangani SDA," ujarnya.

Ketua RT 17/RW 02 Kelurahan Batu Ampar, Zaenal Arifin menuturkan longsoran turap mengakibatkan akses Jalan Batu Sari ke Jalan Raya Bogor terputus.

Baca juga: Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pemkot Tangerang Mulai Beres-beres Tanggul

Beruntung saat longsor pertama pada Senin (15/2) dan kedua pada Sabtu (20/2) tidak ada korban, rumah warga di sekitar turap pun tak terdampak.

"Sejak hari kejadian pertama saya langsung laporan ke pihak Kelurahan dan langsung ditangani. Mudah-mudahan perbaikan turap cepat selesai," tutur Zaenal.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved