Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Tak Lolos Tes Kesehatan, Sejumlah Lansia di Puskesmas Kramat Jati Tunda Vaksinasi Covid-19

Sejumlah lansia di Kramat Jati tidak bisa divaksin karena tidak lolos pemeriksaan kesehatan.

TribunJakarta/Bima Putra
Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan sejumlah peserta yang hadir tidak bisa divaksin karena tidak lolos pemeriksaan kesehatan, Selasa (23/2/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Inda Mutiara mengatakan sejumlah lansia tidak bisa divaksin karena tidak lolos pemeriksaan kesehatan.

"Bukan vaksinasinya ditolak, tapi ditunda. Jadi yang dari pemeriksaan kesehatan tensi darahnya tinggi, gula darah tinggi kami sarankan untuk ditunda," kata Inda di Jakarta Timur, Selasa (23/2/2021).

Kepada peserta lansia umum yang vaksinasinya ditunda pihak Puskemas Kecamatan Kramat Jati menyarankan agar rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Lalu beristirahat cukup sebelum menjalani vaksinasi Covid-19 agar lolos pemeriksaan kesehatan yang merupakan tahap kedua dari empat tahap vaksinasi.

"Jadi kontrol dulu dengan dokternya atau barangkali minum obatnya harus teratur. Nanti pada saatnya bila kondisi sudah siap kami panggil lagi untuk divaksin. Tapi kebanyakan ditunda karena tensi," ujarnya.

Selain peserta yang jadwal vaksinasinya ditunda lain hari, ada pula lansia yang penyuntikan vaksinbya ditunda beberapa jam karena kondisi kesehatannya.

Di antaranya Yeni Sufiani (63), warga Kecamatan Kramat Jati yang penyuntikan vaksinnya ditunda karena suhu tubuhnya dinyatakan tinggi.

"Tadi pas pemeriksaan suhu tubuh saya masih tinggi, mungkin karena cuaca panas kan. Soalnya kalau tensi dan gula darah sudah sesuai. Jadi suruh istirahat sebentar baru balik lagi," tutur Yeni.

Baca juga: Dokter Klinik Ilegal Sudah Dikenal hingga Aceh, Pasang Tarif Tinggi: Korban Bengkak di Payudara

Baca juga: Kawasan BSD Serpong Masih Ada Potensi Turun Kabut Beberapa Hari ke Depan, Ini Penjelasan BMKG

Baca juga: Aksi Biadab Preman Tak Diberi Uang Pungli, Serang Warung dengan Petasan Sampai Pemilik Luka Bakar

Pemeriksaan kesehatan merupakan tahap dua dari empat proses vaksinasi Covid-19, di tahap ini tim vaksinator melalukan wawancara kondisi kesehatan peserta.

Meliputi apa peserta memiliki penyakit bawaan, suhu tubuh, tensi, gula darah, dan lainnya, bila dinyatakan sehat maka berlanjut ke tahap tiga yakni penyuntikan.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved