Breaking News:

Warga Tangerang Kini Bisa Buat Akta Kelahiran dan Kematian di Kantor Kelurahan Pilihan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang meluncurkan program cetak akta kelahiran dan Kematian di kelurahan

ISTIMEWA
Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin secara simbolis memberikan akta kelahiran melalui program Cetak Akta Kelahiran dan Kematian di Kelurahan Pilihan (CAK3P) di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Selasa (23/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarra.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang meluncurkan program cetak akta kelahiran dan Kematian di Kelurahan Pilihan (CAK3P) di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, Rina Hernaningsih mengungkapkan, melalui program CAK3P Disdukcapil ingin memberikan pelayanan yang lebih dekat dan mudah.

Selain itu, dapat memangkas biaya operasional masyarakat dalam mendapat dokumen akta kelahiran dan kematian.

Baca juga: Hore, Angkutan Umum di Kota Tangerang Digratiskan Selama Sepekan

Tentunya, lanjut Rina, dapat mengurangi potensi kerumunan di kantor Disdukcapil, apalagi saat ini masih pandemi Covid-19.

"Melalui program ini, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kantor Disdukcapil. Mereka bisa mendapat akta kelahiran atau kematian, melalui permohonan ke kantor kelurahan saja. Lebih dekat, mudah dan efisien," ungkap Rina, dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021).

Untuk menikmati layanan CAK3P ini, masyarakat hanya perlu mengajukan permohonan akta kelahiran atau kematian, di kelurahan yang dipilih sesuai domisili.

Selanjutnya, akan diproses petugas Disdukcapil yang bertugas di kantor kelurahan melalui aplikasi internal yang tersedia melalui online.

"Dokumennya, bisa diterima masyarakat atau pemohon hari besoknya. Prosesnya hanya membutuhkan waktu 24 jam atau sehari jadi. Karena, data yang diproses melalui online tersebut, berkas jadinya juga dikirim melalui online. Petugas akan mencetak di setiap kelurahan, sehingga semua lebih cepat serta mengurangi potensi pungli," ungkap Rina.

Rina Hernaningsih menyebutkan bahwa sudah terdapat 74 Kelurahan yang menyelenggarakan pelayanan CAK3P mulai hari ini.

"Dari 104 Kelurahan 74 diantaranya sudah bisa melakukan pelayanan CAK3P per hari ini, sisanya akan secara bertahap untuk bergabung dalam pelayanan tersebut, ini menjadi salah satu alternatif pelayanan kepada mereka yang masih kurang mengerti dengan pelayanan online yang dilakukan oleh kami " kata Rina.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved