Breaking News:

Jakarta Diterjang Banjir

Petugas Gabungan Lanjutkan Proses Bersih-bersih Permukiman Warga Korban Banjir di Jakarta Timur

Kerja bakti membersihkan timbunan lumpur bercampur sampah imbas banjir di permukiman warga Jakarta Timur

ISTIMEWA
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses bersih-bersih permukiman warga Kebon Pala korban banjir luapan Kali Ciliwung, Rabu (24/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Kerja bakti membersihkan timbunan lumpur bercampur sampah imbas banjir di permukiman warga Jakarta Timur masih berlangsung hingga Rabu (24/2/2021).

Dalam proses bersih-bersih permukiman warga korban banjir di RW 04 dan RW 05, wilayah Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara korban banjir Kali Ciliwung.

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan pihaknya mengerahkan unit mobil pompa guna menyemprot timbunan lumpur.

Baca juga: Fotonya Peluk Anies Waktu Banjir Kampanye 2017 Viral, Rumiati Warga Cipinang Melayu Kini Trauma

 

"Kita kerahkan satu unit mobil pompa kapasitas 2.000 liter dan pompa portabel untuk menyemprot lumpur. Lalu enam personel melakukan kerja bakti," kata Gatot di Jakarta Timur, Rabu (24/2/2021).

Penyemprotan timbunan lumpur dengan air bertekanan tinggi dari unit mobil pompa guna mempercepat proses bersih-bersih permukiman warga.

Bila tidak cepat dibersihkan timbunan lumpur bercampur sampah itu tak hanya mengeras, tapi juga dikhawatirkan menimbulkan berbagai penyakit.

"Kerja bakti bersama warga dan petugas gabungan lain dari PPSU, Sudin SDA sudah kita lakukan dari sejak banjir luapan Kali Ciliwung di Kebon Pala surut. Ini proses bersih-bersih lanjutan," ujarnya.

Tidak hanya proses bersih-bersih, Gatot menuturkan hingga siang ini jajarannya juga masih melakukan penyedotan genangan di permukiman warga.

Baca juga: Unggahan Before After Banjir di Cipinang Melayu hingga Reaksi Anies Wujudkan 25 Tahun Impian Warga

Yakni di  Jalan Sawo Kecik, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung yang permukiman warganya tergenang dengan ketinggian sekitar 10 sentimeter.

"Di Pulogebang kita mulai lakukan penyedotan pukul 09.40 WIB. Kita kerahkan unit mobil pompa untuk menyedot genangan di permukiman warga, debit airnya dibuang ke saluran PHB," tuturnya.

Sebelumnya pada Jumat (19/2) dan Sabtu (20/2) sejumlah permukiman warga Jakarta Timur terdampak banjir dari sejumlah aliran Kali berbeda.

Di antaranya warga Kecamatan Jatinegara, Kecamatan Kramat Jati, Kecamatan Cipayung, Kecamatan Makasar, Kecamatan Pasar Rebo, dan Kecamatan Matraman.

Baru pada Minggu (21/2) banjir dari aliran kali berbeda itu sepenuhnya surut dan kini menyisakan timbunan lumpur bercampur sampah di permukiman warga.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved