Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Vaksinasi Covid-19 Pedagang Pasar Induk Kramat Jati Tunggu Jadwal Kementerian Kesehatan

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan pihaknya masih menunggu penetapan jadwal vaksinasi dari Kementerian Kesehatan.

TribunJakarta.com/Bima Putra
Tim Vaksinator Puskesmas Kecamatan Kramat Jati saat menunjukkan vial vaksin Covid-19 di Jakarta Timur, Rabu (24/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Waktu vaksinasi Covid-19 bagi pedagang Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur yang termasuk target penerima vaksin tahap dua belum pasti.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan pihaknya masih menunggu penetapan jadwal vaksinasi dari Kementerian Kesehatan.

"Tim dari Kementerian Kesehatan sudah melakukan sosialisasi ke pedagang. Untuk pelaksanaannya kita menunggu Kementerian Kesehatan," kata Inda di Jakarta Timur, Rabu (24/2/2021).

Pelaksanaan vaksinasi menunggu Kementerian Kesehatan karena pengadaan hingga distribusi vaksin ditangani Kementerian Kesehatan.

Puskesmas Kecamatan Kramat Jati kini dalam proses vaksinasi Covid-19 lansia kategori umum dan vaksinasi tahap dua sejumlah tenaga kesehatan.

"Intinya kami merespons semua kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenkes untuk pelaksanaan vaksinasi bagi lansia. Kami melayani vaksinasi lansia umum karena ini baru pertama kali," ujarnya.

Pada bulan Juni 2020 lalu Pasar Induk Kramat Jati sempat jadi pasar dengan jumlah kasus pedagang terkonfirmasi Covid-19 paling banyak di Jakarta.

Baca juga: Akses Keluar Bitung Jalan Tol Jakarta Tangerang Telah Dibuka Kembali Setelah Sempat Tergenang

Baca juga: Banjir di Periuk Tangerang Belum Surut, Pemkot Kerahkan Mesin Pompa untuk Kurangi Debit Air

Baca juga: Penjelasan Mantan Manajer Soal Ayus Sabyan dan Nissa Sabyan Disebut Pakai Connecting Room di Hotel

Pun begitu Pasar Induk Kramat Jati tak ditutup selama tiga hari sebagaimana penanganan di pasar lain saat ditemukan kasus terkonfirmasi Covid-19.

Kala itu Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan penutupan tak dilakukan karena Pasar Induk Kramat Jati beda dengan pasar lain.

"Kalau Pasar Induk ini beda, ini Pasar Internasional. Kalau ditutup seperti apa? 14 hektare loh. Dan ini pasar untuk seluruh Jabodetabek, Sumatera saja ngambil dari situ. Kalau ditutup seperti apa?," kata Anwar, Jumat (19/6/2020).

Di Jakarta vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga pedagang pasar hingga kini baru dilakukan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat yang dimulai sejak Rabu (17/2).

Vaksinasi terhadap pedagang Pasar Tanah Abang ditangani jajaran Kementerian Kesehatan, pun Tim Vaksinatornya melibatkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved