Breaking News:

Pohon Kapuk Tumbang di Jakarta Timur, 25 Orang Penghuni Selamat dari Maut

Empat rumah warga di Jalan Inspeksi Cakung Drain Timur, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur tertimpa pohon pada Jumat (26/2).

Damkar Jakarta Timur
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses penanganan pohon tumbang, Jumat (26/2/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Empat rumah warga di Jalan Inspeksi Cakung Drain Timur, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur tertimpa pohon pada Jumat (26/2).

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan pohon tumpang sekira pukul 08.05 WIB.

"Jenis pohon yang tumbang Kapuk dengan tinggi sekitar 10 meter dan diameter 60 sentimeter. Tumbang karena terdampak hujan disertai angin semalam," kata Gatot di Jakarta Timur, Jumat (26/2/2021).

Beruntung lima kepala keluarga (KK) terdiri dari 25 jiwa penghuni yang rumahnya tertimpa berhasil selamat karena batang tertahan atap bangunan.

Satu unit light rescue berikut enam personel Damkar Jakarta Timur dikerahkan ke lokasi melakukan penanganan batang pohon yang tumbang.

"Untuk kerugian materil akibat atap rumah yang terdampak sekitar Rp 20 juta. Untuk penanganan dilakukan dengan cara memotong batang pohon jadi bagian kecil menggunakan gergaji mesin," ujarnya.

Personel Damkar Jakarta Timur saat proses penanganan pohon tumbang, Jumat (26/2/2021)
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses penanganan pohon tumbang, Jumat (26/2/2021) (Damkar Jakarta Timur)

Dalam penanganan ini Gatot menuturkan jajarannya dibantu sejumlah personel Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cakung Barat.

Musibah pohon tumbang pada Jumat (26/2) di Jakarta Timur tak hanya terjadi di Cakung, hingga pukul 11.00 WIB tercatat empat kasus terjadi.

"Pukul 00.18 WIB kita juga melakukan penanganan pohon tumbang di Jalan Pendidikan Raya, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit," tuturnya.

Baca juga: Rela Utang Rp200 Juta Demi Anak Jadi PNS, Ibu Ini Malah Terima Nasib Sial: Semuanya Bohong!

Baca juga: Rumah Mewah di Panglima Polim Jaksel Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar

Baca juga: Pesona Nissa Sabyan Bikin Ayus Terpincut, Kisah Asmara Timbul Tahun 2018: Punya Banyak Kelebihan

Pukul 00.46 WIB di Jalan R. Soekamto, Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, dan pukul 01.10 WIB di Jalan Masjid At Tawaw, Kelurahan Cakung Barat.

Dari keseluruhan kasus ukuran batang pohon paling besar berada di Jalan R Soekamto, yakni pohon Akasia dengan diameter sekitar 70 sentimeter

"Tiga kasus pohon tumbang sebelumnya tidak menimpa rumah, hanya menutup jalan. Penyebab pohon tumbang juga akibat hujan angin semalam," lanjut Gatot.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved