Breaking News:

Perbaikan Tanggul PHB Kali Cipinang di Kelurahan Susukan Jakarta Timur Tunggu Pengadaan Material

Perbaikan tanggul saluran penghubung (PHB) Kali Cipinang di RW 07, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Perbaikan tanggul saluran penghubung (PHB) Kali Cipinang di RW 07, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur masih berlangsung.

Camat Ciracas Mamad mengatakan puing longsoran tanggul dan tembok pembatas yang longsor pada Sabtu (20/2/2021) lalu kini sudah rampung diangkat petugas.

"Tinggal pengerjaannya pondasi, menunggu material dari (Sudin) SDA (Sumber Daya Air)," kata Mamad saat dikonfirmasi di Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (28/2/2021).

Nantinya pembangunan turap PHB Kali Cipinang di perbatasan wilayah RT 12 dan RT 06 tersebut juga akan dibantu personel PPSU Kelurahan Susukan.

Posisi PHB yang berada dalam gang permukiman tidak memungkinkan alat berat masuk sehingga penanganan dilakukan secara manual.

"PPSU yang terlibat ada enam orang, semuanya anggota PPSU Kelurahan Susukan. Dari proses pengangkatan puing dilakukan manual," ujarnya.

Baca juga: PHB Kali Cipinang Terdampak Longsor, 110 KK Warga Susukan Mengungsi Akibat Banjir

Kasatpel SDA Kecamatan Ciracas Sarkam menuturkan pihaknya kini dalam tahap membuat konstruksi pembangunan turap PHB Kali Cipinang tersebut.

Namun saat dikonfirmasi kapan target pembangunan turap PHB Kali Cipinang dimulai dia tidak menjawab perkiraan waktu pembangunan dimulai.

Baca juga: Perbaikan Tanggul PHB Kali Cipinang di Susukan Terkendala Akses Alat Berat

"Dari SDA belum mulai perbaikan, baru mengamankan bidang penampang basahnya saja. Lagi di-design dulu ukuran-ukurannya berapa dan menunggu bahan matrial," tuturnya.

Sebagai informasi turap PHB Kali Cipinang jebol terdampak puing tembok pembatas antara RT 12 dengan RT 06 yang lebih dulu longsor saat kejadian pada Sabtu (20/2).

Imbas jebolnya tanggul sempat mengakibatkan permukiman warga RT 06 yang kontur permukimannya lebih rendah dibandingkan RT 07 kebanjiran 1 meter.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved