Breaking News:

Bantu Kebutuhan Stok PMI, Ratusan Personel Korbrimob Polri Donorkan Darah hingga Plasma Konvalesen

Komjen Pol (P) Adang Daradjatun, mengatakan, kegiatan donor ini untuk kepentingan seluruh masyarakat.

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Proses donor darah dan plasma konvalesen personel Korps Brimob Polri Kelapa Dua, Cimanggis, Kota Depok. 

Laporan  Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, CIMANGGIS – Ratusan personel Korps Brimob Polri Kelapa Dua, mendonorkan darah dan plasma konvalesen pagi ini dibantu petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) di Gedung Pratidina, Mako Brimob, Cimanggis, Kota Depok

Ketua Umum Pengurus Besar PDDI , Komjen Pol (P) Adang Daradjatun, mengatakan, kegiatan donor ini untuk kepentingan seluruh masyarakat.

“Saya sangat bangga dengan Korps Brimob secara tanggap setelah adanya masalah yang berhubungan dengan kekurangan darah di beberapa daerah karena adanya Covid-19, Brimob terdepan memberikan bantuan,” ujar Adang di lokasi, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Menurun, Kepala Dinas Kesehatan DKI Ungkap Penyebabnya

Proses donor darah dan plasma konvalesen personel Korps Brimob Polri Kelapa Dua, Cimanggis, Kota Depok.
Proses donor darah dan plasma konvalesen personel Korps Brimob Polri Kelapa Dua, Cimanggis, Kota Depok. (TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA)

Adang mengatakan, hingga siang hari sudah ada 259 kantong darah dan delapan kantong plasma konvalesen yang didonorkan para personel Brimob ini.

“Hari ini sekitar 250 pada hari ini, kemudian delapan kantong untuk plasma. Ini terus berlanjut ya,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Sumber Daya Pengurus PMI DKI Jakarta, Syarifudin, yang hadir mewakili Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi, mengungkapkan, kebutuhan darah pihaknya masih jauh dari kata cukup perharinya.

“Biasanya perhari 1.000-15.00 kantong, kita hanya mampu menghimpun 150 sampai 200 kantong dan ini sudah barang tentu masih jauh kekurangan. Makanya dengan ada kegiatan di Mako Brimob, ini sangat membantu kebutuhan darah di DKI Jakarta yang kurang lebih kebutuhannya sehari 1.000 kantong,” ungkapnya.

Sementara untuk plasma konvalesen, Syarifuddin berujar bahwa kebutuhannya mencapai 50 kantong perhari.

“Setiap harinya saat ini hampir 50 kantong yang diminta beberapa Rumah Sakit, baik di Jakarta maupun yang berada di luar Jakarta,” tuturnya.

Proses donor darah dan plasma konvalesen personel Korps Brimob Polri Kelapa Dua, Cimanggis, Kota Depok.
Proses donor darah dan plasma konvalesen personel Korps Brimob Polri Kelapa Dua, Cimanggis, Kota Depok. (TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA)

 Selanjutnya, Kabid Kesjas Korbrimob Polri, Kombes Pol Dr Djarot Wibowo, mengatakan, kegiatan donor darah ini memang rutin dilakukan pihaknya. Yang membedakan, kali ini kegiatan donor disertakan plasma konvalesen oleh personel yang pernah terpapar Covid-19.

“Kalau tahun kemarin kita sudah hitung hampir 19 ribu anggota Brimob seluruh Indonesia melakukan donor darah. Dalam event polri, Korbrimob kita selalu rutin melaksanakan donor darah,” ujarnya di lokasi yang sama.

“Iya ini perdana (donor plasma konvalesen), kami sudah punya konsep membentuk Satgas Plasma Konvalesen Korbrimob Polri. Kebetulan penyintas di Mako Korbrimob ini cukup banyak. Kemarin kami menskrining kurang lebih dua puluh, yang memenuhi persyaratan secara teknis ada delapan, jadi hari ini ada delapan,” ujarnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved