Breaking News:

Harga Rawit Merah Meroket, Pedagang Nasi di Bekasi Atasi Beli Cabai Campur

Tingginya harga cabai rawit merah berimbas pada pedagang makanan olahan, seperti misalnya penjual nasi

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Pedagang cabai di Pasar Baru Bekasi, Jalan Ir. H. Juanda, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi.   

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Tingginya harga cabai rawit merah berimbas pada pedagang makanan olahan, seperti misalnya penjual nasi yang mensiasati kenaikan harga dengan membeli cabai campur.

Di wilayah Kota Bekasi misalnya, cabai rawit merah hingga hari ini, Kamis (4/3/2021) telah menyentuh Rp120.000 per kilogram.

Deni (41), pedagang nasi di Jalan Ir. H. Juanda, Bekasi Timur mengatakan, kebutuhan cabai merupakan bahan baku utama dalam menjalankan usahanya.

Hampir setiap hari, dia selalu membeli cabai di Pasar Baru Bekasi untuk membuat sambal dan bumbu masakan dagangannya.

Kenaikan harga cabai rawit merah secara langsung memperngaruhi usahanya, dia memutar otak dengan membeli cabai campur supaya tetap bisa menyajikan sambal dan olahan masakan.

"Sekarang belinya campur, misal belanja sekilo enggak cuma rawit merah aja, dicampur sama rawit ijo sama keriting, jadi lebih murah," kata Deni.

Untuk satu kilo cabai campur, harga yang biasanya ditawarkan penjual di pasar di kisaran Rp70.000 per kilogram.

"Lebih murah karena dicampur, kita kan enggak bisa kalau enggak belanja cabai, harus ada cabai buat bikin sambal, pembeli pada nyariin kalau enggak ada sambal," tuturnya.

Baca juga: Sudah Sekitar 2 Pekan, Harga Cabai di Bekasi Meroket Jadi Rp 120 Ribu Per Kilogram

Meski begitu, tidak sedikit pembelinya merasa komplain karena rasa sambelnya sedikit berbeda dibanding dengan olahan sambal khusus rawit merah saja.

"Paling komplainnya kurang pedes, tapi ya kita bilang aja cabainya lagi mahal yang penting ada sambal kalau dagang nasi kaya saya gini," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Tim Monitoring Harga Pasar Baru Bekasi Suhaimi mengatakan, kenaikan harga cabai rawit merah sudah terjadi sekitar dua pekan.

"Udah dua mingguan kira-kira, bertahap naiknya sekarang Rp120.000 per kilogram," terang Suhaimi.

Sementara itu, untuk harga jenis cabai lain seperti cabai merah besar saat ini berada di harga Rp45.000 per kilogram, cabai merah keriting saat ini Rp55.000 per kilogram.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved