Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Minat Donor Plasma Konvalesen di PMI Kota Bekasi Tinggi, Tapi yang Lolos Hanya Sepertiga Saja

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi telah membuka layanan donor plasma konvalesen untuk terapi pasien Covid-19.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Layanan donor plasma konvalesen di PMI Kota Bekasi, Kamis (11/2/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi telah membuka layanan donor plasma konvalesen untuk terapi pasien Covid-19.

Manajer Mutu Laboratorium PMI Kota Bekasi Abas Suherli mengatakan, pihaknya sudah melakukan skrining terhadap 80 orang pendonor sejak beroperasi 11 Februari 2021 lalu.

Namun, dari banyaknya calon pendonor yang dilakukan skrining, hanya sekitar 25 sampai 30 orang saja yang lolos untuk laik ambil plasmanya.

"Sekarang yang sudah melakukan donor sekitar 25-30 orang, karena balik lagi, untuk bisa diambil plasmanya harus memenuhi syarat melalui skrining," kata Abas saat dikonfirmasi, Sabtu (6/2/2021).

Abas menjelaskan, pihaknya sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dan RSUD Chasbullah Abdulmadjid untuk mengakomodir penyintas Covid-19.

Mereka yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 dari tenaga kesehatan RSUD Kota Bekasi diarahkan agar mengikuti donor plasma konvalesen.

"Yang daftar cukup banyak, tapi setelah skrining ya hanya 1/3 yang lolos," ucapnya.

Abas mejelaskan, terdapat persyaratan bagi pendonor plasma konvalesen yang dipercaya dapat menjadi terapi bagi pasien positif Covid-19.

"Konvalesen sangat di butuhkan, sebagai terapi alternatif untuk penderita Covid-19. Tapi ada beberapa persyaratannya yang perlu dipahami oleh kita semua," kata Abas.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved