Breaking News:

Chef Charles Toto Bagikan Cara Mudah Buat Papeda, Punya Kandungan Rendah Gula

Ingin coba membuat papeda? Gunakan saja tepung sagu yang dijual di supermarket.

VIU
Chef Charles Toto memperagakan cara menggulung papeda kepada pengunjung 

TRIBUNJAKARTA.COM - Hutan adalah pasar bagi masyarakat Papua untuk belanja bahan pangan tanpa perlu mengeluarkan uang. Begitulah motto yang dipegang oleh Charles Toto alias Chato yang dikenal dengan sebutan Jungle Chef.

Apa yang ia ungkapkan tidak berlebihan. Masyarakat Papua memang bisa mendapatkan kebutuhan harian dari hutan, termasuk makanan pokok, lauk, dan sayur.

“Mereka yang tinggal di kampung tidak banyak mengalami sakit seperti masyarakat di kota, karena mereka mengonsumsi apa yang sudah ada di hutan,” kata Chef Chato dalam siaran persnya pada Rabu (10/3).

Salah satu ‘belanjaan’ dari hutan dan rawa Papua adalah sagu sebagai bahan baku pembuatan papeda, yang sejak dulu kala menjadi makanan pokok mereka. Pangan lokal seperti inilah yang ingin dipertahankan oleh Chef Chato.

TONTON JUGA:

Sebelum nanti bisa jalan-jalan ke Papua dan mencicipi berbagai resep tradisional Papua, Chef Chato mengajak Anda mengenal lebih jauh salah satu makanan khas Papua paling populer, yaitu papeda.

Baca juga: SINOPSIS Ikatan Cinta Rabu Malam 10 Maret : Apakah Reyna anak dari Pernikahan Andin dan Nino?

Berikut 8 fakta yang perlu Anda ketahui:

1. Filosofi di Meja Makan

Saat satu keluarga menggunakan helai dan makan papeda dari satu hote yang sama, saat itulah papeda menyimpan makna yang dalam. 

Helai adalah peralatan makan tradisional dari kayu untuk menyajikan papeda, sedangkan hote adalah piring kayu untuk menyantap papeda.

Halaman
1234
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved