Breaking News:

Anggota Satpol PP dan PPSU Ikuti Pelatihan Evakuasi Korban Banjir di Waduk Setu

Jajaran Satpol PP Jakarta Timur menggelar pelatihan evakuasi korban banjir di Waduk Setu, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung.

ISTIMEWA
Personel Satpol PP dan PPSU saat mengikuti pelatihan evakuasi warga korban banjir di Waduk Setu, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (11/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Jajaran Satpol PP Jakarta Timur menggelar pelatihan evakuasi korban banjir di Waduk Setu, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung pada Kamis (11/3).

Kepala Satpol PP Jakarta Timur Budhy Novian mengatakan pelatihan evakuasi korban banjir ini diikuti sebanyak 50 anggota dari tiga Kecamatan.

Yakni Satpol PP Kecamatan Cipayung, Kecamatan Makasar, dan Kecamatan Pulogadung, serta sejumlah personel PPSU Kelurahan Kayu Putih.

Baca juga: Anggota PPSU Kelurahan Setu Patah Tulang Akibat Ditabrak Pengendara Motor Saat Bertugas

"Kegiatan ini dalam rangka evaluasi penyelamatan bencana banjir untuk tim Rescue Penyelamatan Bencana Banjir Satpol PP Kota Jakarta Timur," kata Budhy di Jakarta Timur, Kamis (11/3/2021).

Pasalnya dalam setiap banjir besar personel Satpol PP termasuk petugas yang melakukan evakuasi warga korban banjir dari rumah ke posko pengungsian.

Sama dengan personel TNI-Polri, Damkar yang membantu proses evakuasi warga korban banjir saat banjir besar pada tanggal 19-20 Februari 2021 lalu.

Pelatihan evakuasi ini digelar sebagai antipasi karena hingga kini Jakarta masih dilanda cuaca ekstrem sehingga dikhawatirkan terjadi banjir.

Baca juga: 6 RW di Mampang Jakarta Selatan Terendam Banjir, 250 PPSU Dikerahkan

"Petugas yang mengikuti acara ini dapat bermanfaat menambah ilmu dalam penanganan evakuasi warga dalam bencana banjir," ujarnya.

Budhy menuturkan pelatihan meliputi operasional menggunakan perahu karet, menghadapi arus, hingga langkah mengevakuasi warga terseret arus.

Waduk Setu dipilih jadi lokasi agar seluruh personel mendapat 'gambaran' lapangan saat banjir sehingga tidak gagap saat bertugas melakukan evakuasi.

"Anggota PPSU Kelurahan Kayu Putih mengikuti pelatihan karena mereka ini juga ikut membantu saat proses evakuasi korban banjir. Semoga juga dapat bermanfaat bagi mereka," ujarnya. (*)

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved