Bantah Amien Rais, Advokat Togar Situmorang: Pak Jokowi, Orangnya Tidak Serakah

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengomentari pernyataan Amien Rais terkait presiden tiga periode, Togar Situmorang tak setuju jua.

Editor: Suharno
ISTIMEWA
Presiden Joko Widodo dan Advokat Togar Situmorang. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengomentari pernyataan Amien Rais yang menyebut Jokowi berambisi jadi presiden tiga periode.

Jokowi menegaskan sikap bahwa dia adalah presiden yang dipilih langsung oleh rakyat berdasarkan konstitusi.

Oleh karena itu, pemerintahannya akan berjalan tegak lurus dengan konstitusi tersebut.

"Apalagi yang harus saya sampaikan? Bolak-balik ya sikap saya tidak berubah," ujar Jokowi dalam pernyataannya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 15 Maret 2021.

Jokowi berujar bahwa sama sekali tak memiliki niat untuk menjadi presiden tiga periode.

Undang-Undang Dasar 1945, kata dia, telah mengatur masa jabatan presiden selama dua periode yang tentunya harus dipatuhi bersama.

"Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak berminat juga menjadi presiden tiga periode. Konstitusi mengamanatkan dua periode. Itu yang harus kita jaga bersama-sama," ujar Jokowi.

Menurutnya, di tengah pandemi saat ini, semestinya seluruh pihak mencegah adanya kegaduhan baru.

Seluruh elemen bangsa, seharusnya bersama-sama bahu membahu membawa Indonesia keluar dari krisis pandemi dan menuju lompatan kemajuan baru.

"Janganlah membuat kegaduhan baru. Kita saat ini tengah fokus pada penanganan pandemi," kata Jokowi.

Wacana dari mantan MPR RI Amin Rais pun sangat tidak disetujui oleh pengacara kondang Togar Situmorang yang tegas berkomentar dengan memberikan keterangan.

Advokat Togar Situmorang
Advokat Togar Situmorang (ISTIMEWA)

"Sebagai warga negara Indonesia yang memiliki rasa peduli terhadap politik kenegaraan, bahwa tetap harus ikut peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tidak boleh rakus akan kekuasaan," tegas Advokat Indonesia Togar Situmorang dari Law Firm Togar Situmorang di Denpasar, Jakarta, Bandung, Cirebon, Kalimantan Barat.

"Dan negara Indonesia memberikan kesempatan kepada siapapun yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai presiden. Karena masih banyak tokoh politik yang bisa mencapai puncak karirnya sebagai pemimpin negara," sambungnya.

Kemudian Advokat yang dijuluki Panglima Hukum Togar Situmorang ini menambahkan karakter Jokowi yang memiliki kepribadian yang baik.

"Saya tau karakter Jokowi meskipun tidak kenal dekat, tapi beliau adalah seorang warga Indonesia yang bijaksana dan mampu memimpin negara dengan seadil-adilnya serta tidak rakus akan kekuasaan, dan beliau memberikan kesempatan kepada siapapun yang berprestasi dan mampu menjadi putra Indonesia yang terpilih", ujar Togar di Kantor Law Firm Togar Situmorang, Jalan Kemang Selatan Raya No.99, Gedung Piccadilly, Jakarta Selatan.

Advokat Togar Situmorang
Advokat Togar Situmorang (ISTIMEWA)

Menurut Togar, sebagai Advokat yang sering mengamati kinerja pemerintahan, Jokowi sudah terlalu kenyang akan isu yang menerpa dirinya dan hal itu cukup diterima dengan bijaksana dan tidak mudah terpancing emosi.

"Karena beliau adalah bapak negara yang patut dicontoh oleh masyarakat Indonesia maupun tokoh politik Indonesia bahwa berpolitik harus sesuai Konstitusi karena Konstitusi itu amanah Rakyat tertinggi," tandasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved