Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Pengadilan Negeri Jakarta Timur Minta JPU Hadirkan Rizieq Shihab Langsung Saat Sidang

Pengadilan Negeri Jakarta Timur minta Rizieq Shihab dihadirkan secara langsung di ruang sidang.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kuasa hukum Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah saat memberi keterangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Pengadilan Negeri Jakarta Timur meminta Rizieq Shihab yang jadi terdakwa dalam tiga perkara kasus dugaan tindak pidana karantina kesehatan dihadirkan secara langsung di ruang sidang.

Kuasa hukum Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah mengatakan keputusan ini disampaikan Majelis Hakim saat menyatakan sidang pembacaan dakwaan ditunda hingga Jumat (19/3/2021).

"Sidangnya ditunda. Hari Jumat, tadi hakim memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menghadirkan terdakwa hadir di sidang. Itu perintah hakim tadi," kata Alamsyah di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021).

Alasannya karena saat sidang pembacaan dakwaan yang dimulai sekira pukul 09.38 WIB tadi dibatalkan karena masalah koneksi internet yang mengakibatkan suara JPU tidak terdengar Rizieq.

Sebelum menyatakan sidang ditunda, Majelis Hakim sempat menyatakan sidang ditunda beberapa saat guna memberi waktu memperbaiki masalah koneksi agar Rizieq mendengar dakwaan JPU.

"Kemudian di skors lagi yang kedua, perbaikan lagi. Ternyata perbaikan kedua pun masih gagal juga. Akhirnya Majelis Hakim berkesimpulan menunda sidang. Agar Jaksa menghadirkan terdakwa di persidangan," ujarnya.

Baca juga: Kelakar Rizieq Shihab di Sidang Perdana: Langsung Bawa Mobil Sendiri bila Diperbolehkan ke PN Jaktim

Rizieq Shihab saat jalani sidang perdana secara online di PN Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021).
Rizieq Shihab saat jalani sidang perdana secara online di PN Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021). (Tangkap layar Kompas TV)

Alamsyah menuturkan pihaknya mengapresiasi keputusan yang meminta JPU menghadirkan Rizieq secara langsung karena sebelumnya sudah berniat meminta agar kliennya dihadirkan.

Pihaknya pun sudah mematikan bakal mengajukan eksepsi atau keberatan atas dakwaan JPU terhadap eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu sesaat setelah dakwaan dibacakan.

"Eksepsi kita intinya surat dakwaan JPU batal demi hukum. Tentang surat dakwaan pertama terhadap lima orang terdakwa lain. Karena dakwaan pertama itu materinya aneh," tuturnya.

Baca juga: Pengadilan Negeri Jakarta Timur Tunda Sidang Perdana Rizieq Shihab

Baca juga: Anak Semata Wayang Nangis Histeris Lihat Ayah Dibunuh: Papa Sudah Baik Malah Dibalas Seperti Itu

Baca juga: Usia 21 Lahirkan Aurel, Krisdayanti Ceritakan Masa Lalunya dengan Putri Anang: Dia Mirip Ayahnya

Penulis: Bima Putra
Editor: Muji Lestari
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved