Breaking News:

Kartu Prakerja Gelombang 14 Sudah Diumumkan, Sejumlah Peserta Gunakan BLT untuk Bayar Listrik

Pengumuman Kartu Prakerja gelombang 14 telah dilakukan, kini tinggal menunggu pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 15.

Editor: Suharno
Kompas.com
Tampilan laman Kartu Prakerja untuk pendaftaran dan login 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pengumuman Kartu Prakerja gelombang 14 telah dilakukan, kini tinggal menunggu pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 15.

Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja menyatakan, bantuan langsung tunai ( BLT) atau insentif Kartu Prakerja digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan peserta.

Ini terlihat dari hasil survei evaluasi yang dilakukan PMO Kartu Prakerja.

Direktur Eksekutif PMO Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, insentif paling banyak digunakan peserta untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Tercatat ada 95 persen peserta survei yang menyatakan hal tersebut.

Program Kartu Prakerja yang mulai dilaksanakan sejak merebaknya pandemi Covid-19 disebut Denni memiliki dua funsi utama, yakni menambah keterampilan peserta, sekaligus membantu daya beli yang terdampak pandemi.

“Ini kelihatan dari hasil survei yaitu 95 persen dipakai untuk bahan pangan," ujarnya dalam gelaran Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (16/3/2021).

TONTON JUGA:

Selain untuk bahan pangan hasil survei menunjukan, 74 persen penerima insentif menggunakannya untuk membayar tagihan listrik atau air, 70 persen diantaranya menggunakan untuk tambahan modal usaha, 64 persen menggunakan untuk membeli bensin atau solar, dan 61 persen menggunakan insentif untuk paket internet.

Baca juga: Jelang Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 14 di www.prakerja.go.id, Pelatihan yang Banyak Diminati

Baca juga: Asal Usul Nama Aurel Hermansyah Terkuak, Krisdayanti Teringat Momen saat Jadi Istri Anang

PMO Program Kartu Prakerja mencatat sampai saat ini terdapat sekitar 5,5 juta peserta yang telah menerima insentif, terbagi atas 5,32 juta orang penerima tahun 2020 dan 269.000 penerima tahun 2021.

Lalu, total insentif yang telah tersalurkan sebesar Rp 13,5 triliun, yakni Rp 13,36 triliun untuk peserta Kartu Prakerja di tahun 2020, dan di 2021 yang sudah disalurkan sebesar Rp 161 miliar.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved