Breaking News:

Mobil Patroli dan Helm Polisi akan Dipasangi Kamera ETLE untuk Rekam Pelanggar Lalu Lintas

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, rencananya kamera ETLE mobile ini akan diluncurkan pada Sabtu (20/3/2021) besok

Tribunnews/Jeprima
Sejumlah kendaraan melintasi kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan penilangan dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dengan memasang 10 kamera baru dengan fitur tambahan yang dapat mendeteksi pemakaian sabuk pengaman, penggunaan telepon genggam oleh pengemudi, nomor pelat ganjil genap, dan batas kecepatan mengemudi. Mobil Patroli dan Helm Polisi akan Dipasangi Kamera ETLE untuk Rekam Pelanggar Lalu Lintas 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya dalam waktu dekat akan meluncurkan 30 kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile, untuk melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas di jalan raya.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, rencananya kamera ETLE mobile ini akan diluncurkan pada Sabtu (20/3/2021) besok, sebelum nantinya akan dioperasikan normal.

Sambodo menyebut fungsi dari kamera ETLE mobile ini serupa dengan kamera ETLE yang berada di ruas jalan protokol, yakni merekam adanya pelanggaran lalu lintas.

Namun bedanya, kamera ETLE mobile ini bisa berpindah-pindah penggunaannya karena kamera tersebut terpasang di kendaraan motor dan mobil polisi yang sedang patroli.

"Mau di helmet cam, dash cam dan di dashboard kendaraan patroli, maupun body cam yang kami pasang di (badan) anggota di lapangan," kata Sambodo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (17/3/2021) kemarin.

Dirinya mencotohkan, jika petugas patroli menemukan pelanggar lalu lintas di jalan dan kamera ETLE mobile itu terpasang di helm petugas, maka petugas hanya perlu menengok ke arah pelanggar.

Nantinya sistem dalam kamera ETLE itu akan merekam, dan akan memeriksa jenis motor pengendara, pelat nomor polisi, hingga jenis pelanggarannya.

Setelah terekam, maka akan dikirimkan bukti penilangan terhadap yang bersangkutan langsung ke rumahnya.

Baca juga: WASPADA Jika Tidak Punya SIM, Tilang Elektronik yang Diterapkan 23 Maret Bisa Pantau Pengemudi

Baca juga: Tilang Elektronik di Kabupaten Bekasi Mulai Diterapkan, Catat Tanggal Pemberlakuannya

Dengan begitu kata Sambodo, pengoperasian kamera ETLE mobile ini diharapkan dapat menertibkan para pelanggar lalu lintas khususnya di kawasan rawan pelanggaran.

Seperti halnya, di jalan layang non-tol (JLNT), atau di kawasan jalan raya protokol lainnya.

"Nah dengan adanya ETLE mobile itu maka kami akan melaksanakan patroli dan penegakan hukum di daerah rawan pelanggaran," ujarnya.

Program pemanfaatan kamera ETLE ini kata dia, sejalan dengan kebijakan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit yang menjadi program prioritas.

Karena menurutnya, pemanfaatan kamera etle dapat digunakan tidak hanya untuk melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas tetapi juga sebagai alat bukti tindak pidana di jalan raya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengendara Harus Lebih Disiplin, Kamera ETLE Juga Akan Terpasang di Mobil Patroli dan Helm Polisi

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved