Breaking News:

Warga Siap Angkat Kaki dari Tanah Sengketa di Pancoran: Kami Legowo Jika Kalah di Persidangan

Warga di Gang Pancoran Buntu II, Pancoran, Jakarta Selatan, menyatakan siap menyerahkan tanah ke PT Pertamina (Persero)

TribunJakarta/Annas Furqon Hakim
Suasana di Gang Buntu Pancoran II, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (18/3/2021). Warga dan massa diduga ormas sempat bentrok pada Rabu (17/3/2021) malam. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN - Warga di Gang Pancoran Buntu II, Pancoran, Jakarta Selatan, menyatakan siap menyerahkan tanah ke PT Pertamina (Persero) jika kalah dalam persidangan.

Warga bakal legowo andaikata Majelis Hakim memutuskan Pertamina merupakan pemilik sah atas tanah seluas 5,1 hektare yang disengketakan.

"Kalau memang sidang sudah kelar, kalau kita kalah, ya sudah kita legowo. Kalau kita nggak legowo berarti kita mau menguasai dong," kata salah satu warga Pancoran Buntu, Lilik Sulistyo (44), Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Pengadilan Negeri Jaksel Gelar Sidang Sengketa Tanah Pertamina Vs Warga Pancoran Digelar 24 Maret

Meski nantinya diharuskan angkat kaki dari lahan tersebut, Lilik berharap warga diberikan waktu untuk berkemas dan difasilitasi mencari tempat tinggal baru.

"Paling nggak, kalau kita kalah, ya sudah. Selayaknya kita harus pindah, ya pindah. Tapi nggak diusir juga, entah difasilitasi, kemasi barang-barang atau gimana. Dimanusiakan gitu lho. Jangan asal gusur, kita kan manusia juga, punya hak yang sama," ujar dia.

Persoalannya sekarang, sambung dia, pembongkaran bangunan tetap berjalan meski belum ada putusan dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

"Selama ditunda tetap jalan pembongkaran. Ini kan mereka nggak mau tahu, dihabisin saja sudah. Itu yang kita lawan sama mereka," tutur Lilik.

Sidang perkara sengketa tanah antara PT Pertamina dan warga Pancoran masih berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Lilik Sulistyo mengatakan sidang baru memasuki tahap awal.

"Baru pembacaan gugatan yang sudah," kata dia.

Halaman
123
Penulis: Annas Furqon Hakim
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved