KNKT Usut Penyebab Tergelincirnya Trigana Air di Bandara Halim Perdanakusuma

Penyebab pasti gangguan teknis pesawat kargo Trigana Air yang tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jaktim pada Sabtu (20/3) belum diketahui

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Penyebab pasti gangguan teknis pesawat kargo Trigana Air yang tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jaktim pada Sabtu (20/3) belum diketahui 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Penyebab pasti gangguan teknis pesawat kargo Trigana Air yang tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu (20/3) belum diketahui pasti.

Meski dari pemeriksaan sementara penyebab pesawat kargo tersebut kembali mendarat setelah beberapa saat lepas landas dari Halim Perdanakusuma karena satu dari dua mesin pesawat mati.

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsma Pnb TNI Nandang Sukarna mengatakan pihaknya masih menunggu penyelidikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Jadi reasonnya karena engine failed (gangguan mesin). Itu yang nanti akan dijelaskan, bagaimana kejadian bisa terjadi oleh KNKT. Semua ini akan dirapatkan," kata Nandang di Jakarta Timur, Sabtu (20/3/2021).

Sedari pesawat tergelincir di landasan pacu pukul 11.26 WIB pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim KNKT guna melakukan penyelidikan memastikan sebab gangguan teknis mesin.

Untuk sekarang dia hanya bisa memastikan gangguan pada mesin pada pesawat dengan tujuan Makassar, Sulawesi Selatan tersebut bukan karena kelebihan beban muatan kargo.

Baca juga: IDI Tangsel Jelaskan Proses Amputasi Bagian Tubuh: Diserahkan Ke Keluarga

Baca juga: Polres Pelabuhan Tanjung Priok Ringkus Seorang Pelaku Pemalsuan e-KTP

Serta bahwa empat kru pesawat selamat tanpa mengalami luka serius meski sempat dibawa ke RS guna mendapat penanganan medis, keempat kru nantinya dilibatkan dalam penyelidikan KNKT.

"Nanti dalam investigasi kita akan tanya (empat kru) secara langsung. Baik dari tim KNKT, dari operasi, dan Dirkampen (Direktur Keamanan Penerbangan, Ditjen Perhubungan Udara) Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Nandang menuturkan tergelincirnya pesawat kargo Trigana Air mengakibatkan penerbangan dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma dihentikan karena landasan tertutup badan pesawat.

Selama proses evakuasi badan pesawat kargo Trigana Air dari landasan pacu yang belum diketahui kapan rampungnya penerbangan dialihkan sepenuhnya ke Bandara Soekarno-Hatta.

Calon penumpang yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma diantar ke Bandara Soekarno-Hatta menggunakan sejumlah armada bus

"Kita siapkan bus dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Bandara Soekarno Hatta. Sekarang sudah ada 27, jadi 18 dengan 9 bus kami siapkan dan ini sudah berjalan," tuturnya.

Kronologis Trigana Air Alami Mati Mesin hingga Tergelincir

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved