Breaking News:

Cegah Banjir di Permukiman Warga, Pintu Air Waduk Kaja di Kecamatan Ciracas Diperbaiki

SDA Jakarta Timur akhirnya memperbaiki pintu air Waduk Kaja, Kelurahan/Kecamatan Ciracas yang sebelumnya jadi satu penyebab banjir.

Cegah Banjir di Permukiman Warga, Pintu Air Waduk Kaja di Kecamatan Ciracas Diperbaiki
ISTIMEWA
Pintu air Waduk Kaja di Kecamatan Ciracas yang sudah diperbaiki, Jakarta Timur, Senin (22/3/2021)

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur akhirnya memperbaiki Pintu Air Waduk Kaja, Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, yang sebelumnya jadi satu penyebab banjir.

Kepala Seksi Pengelolaan Sarana Prasarana Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Ikhwan Maulani mengatakan Perbaikan meliputi konstruksi Pintu Air yang digunakan mengatur debit.

"Selain memperbaiki pintu air yang rusak, kedepan kami akan lakukan perawatan ringan agar pintu berfungsi maksimal. Dan saat ini pun pintu air sudah bisa di naik turunkan," kata Ikhwan di Jakarta Timur, Senin (23/3/2021).

Menurutnya perbaikan pintu air yang berfungsi mengatur debit air dari Kali Cipinang baru bisa dilakukan karena sebelumnya dikelola langsung Dinas SDA DKI Jakarta.

Baru pada Januari 2021 lalu Dinas SDA DKI menyerahkan pengelolaan Waduk Kaja yang ditujukan mencegah banjir di permukiman warga Kelurahan Ciracas ke tingkat Sudin.

"Mudah-mudahan ke depannya saat air Kali Cipinang datang pengendalian air bisa dilakukan sehingga tak ada lagi genangan di pemukiman warga," ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar menuturkan kerusakan pintu air Waduk Kaja jadi satu sebab permukiman warga Kelurahan Ciracas kebanjiran.

Baca juga: Ribuan Personel Gabungan Amankan Sidang di PN Jakarta Timur, Rizieq Shihab Jalani Sidang Virtual

Baca juga: Dewa Kipas Kalah Telak dari Irene Sukandar, GothamChess Beri Sindiran: Main Curang Akan Ketahuan

Baca juga: PN Jakarta Timur Khawatir Simpatisan Rizieq Shihab Bertambah, Pengamanan Bakal Diperketat

Selain melakukan perbaikan pintu air dia meminta Sudin SDA Jakarta Timur segera mengeruk Waduk Kaja agar kapasitas tampung bertambah dan tidak meluap saat hujan deras.

"Untuk dikeruk 3-5 meter agar lebih dalam dan menampung air lebih banyak. Karena saat dicek kondisi kedalaman waduk hanya 1,5 meter sehingga hanya sedikit air yang bisa ditampung," tutur Anwar.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved