Breaking News:

Jemput Sampai ke Permukiman Warga, Pemkot Depok Luncurkan Bus Rapid Transit dan Jabodetabek

bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Pemerintah Kota Depok meluncurkan sejumlah bus yang terkoneksi ke permukiman.

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA
Peluncuran layanan bus BRT dan JRC di Stasiun Depok Baru, Pancoran Mas, Kota Depok, Rabu (24/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Sejumlah upaya terus dilakukan Pemerintah Kota Depok untuk mengatasi kemacetan.

Terbaru, bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Pemerintah Kota Depok meluncurkan sejumlah bus yang terkoneksi ke permukiman.

Sejumlah bus yang terkoneksi ke pemukiman padat penduduk ini dinamakan Bus Rapid Transit (BRT) dan Jabodetabek Residence Connection (JRC).

Baca juga: BRT Koridor 4 Resmi Diluncurkan, Digratiskan untuk Masyarakat Selama Satu Pekan

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana, menuturkan, target pengalihan dari pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum adalah 60 persen pada tahun 2029 mendatang.

“Saat ini posisinya 32 persen se-Jabodetabek,” kata Dadang saat peluncuran bus tersebut di Stasiun Depok Baru, Pancoran Mas, Rabu (24/3/2021).

“JRC ini kan langsung ke pemukiman, itu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih kepada angkutan umum maka dari itu kita akan terus kembangkan,” timpalnya lagi.

Baca juga: Tilang Elektonik di Depok Bakal Sasar Pengendara Sepeda Motor Dalam Waktu Dekat

Lebih lanjut, Dadang mengatakan, shelter layanan bus ini tersedia  di kawasan Grand Depok City (GDC), Cilodong, dan di wilayah Kecamatan Sawangan.

“Saat ini kan satu titik di GDC kan sudah, nanti dua titik lagi (shelternya). Jadi rencana kita saat ini adalah layanan langsung dari pemukiman,” jelasnya.

“Salah satu program unggulan pak Wali dalam periode kedua ini untuk mendekatkan layanan transportasi publik kepada warga,” timpalnya lagi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved