Beli Seragam di Pasar Senen, Polisi Gadungan Ini Peras Korban Sebesar Rp 18 Juta

Polda Metro Jaya meringkus seorang pria berinisial JEM yang mengaku sebagai polisi berpangkat Iptu. Tersangka memeras seorang wanita sebesar Rp18 juta

TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS
Konferensi pers kasus penipuan oleh anggota polisi gadungan di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (26/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Polda Metro Jaya meringkus seorang pria berinisial JEM yang mengaku sebagai polisi berpangkat Iptu.

Bak polisi sungguhan, tersangka berhasil memeras seorang wanita sebesar Rp 18 juta.

Kasus tersebut bermula dari aduan korban yang bertemu pertama kali dengan JEM di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat pada 21 Februari 2021 silam.

Kala itu, korban sedang mengantarkan keluarganya berobat ke rumah sakit.

Konferensi pers kasus penipuan oleh anggota polisi gadungan di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (26/3/2021).
Konferensi pers kasus penipuan oleh anggota polisi gadungan di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (26/3/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS)

Pelaku yang berpakaian dinas itu bertemu dengan korban dan mengaku sebagai polisi berpangkat Iptu. Setelah berkenalan, mereka menjalin pertemanan. 

"Ngobrol dengan korbannya, setelah itu mengeluh dia ada masalah sedikit sehingga dia butuh dana karena kendaraannya digadaikan di tempat pegadaian," terang Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (26/3/2021).

JEM lalu meminjam sejumlah uang kepada pelaku terkait masalahnya itu.

Karena merasa iba dengan cerita bual pelaku, korban lalu mengirimkan uang tunai sebesar Rp 18 juta.

Baca juga: Terungkap, Benda yang Diduga Bom di Rumah Ahmad Yani Terbuat dari Serbuk Petasan

Baca juga: Polisi Buru 2 Maling Puluhan Paket yang Dicuri dari Kurir di SPBU Tangerang

Baca juga: Rampas Handpone Milik Sopir Truk, Bajilo Dibekuk Polisi di Cilincing: 3 Orang Masih Buron

Seiring berjalannya waktu, korban menaruh curiga dengan polisi palsu ini lantaran ketika ditagih pelaku tak mengembalikan uang itu.

"Lama berselang ditagih (tidak membayar) akhirnya korban ketahuan bahwa dia memang polisi gadungan. Korban merasa tertipu kemudian melaporkan ke Polda Metro Jaya," lanjutnya.

Polisi pun bergerak melakukan penyelidikan usai menerima laporan korban.

Anggota kemudian menangkap pelaku dengan beberapa barang bukti berupa seragam dinas.

Sejumlah barang bukti tersangka yang mengaku sebagai polisi gadungan di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (26/3/2021).
Sejumlah barang bukti tersangka yang mengaku sebagai polisi gadungan di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (26/3/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS)

"Pakaian (polisi) ini dibeli di Pasar Senen, ada juga online. Dan memang polisi gadungan ini sudah beroperasi kemana-mana," ujar Yunus.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved