Breaking News:

Amankah Jika Menggunakan Cotton Bud untuk Membersihkan Telinga Anak? Berikut Penjelasannya

pada dasarnya telinga mampu mengeluarkan kotoran secara mandiri dengan dibantu oleh gerakan-gerakan yang dilakukan rahang

Mirror
Ilustrasi membersihkan telinga. Amankah Jika Menggunakan Cotton Bud Dalam Membersihkan Telinga Anak? Berikut Penjelasannya 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Banyak orang terbiasa mempergunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran di dalam telinga.

Namun sayangnya tindakan ini tidak dianjurkan oleh dokter. Apalagi jika dilakukan pada anak-anak.

Seperti yang diungkapkan oleh Dokter Spesialis THT Eka Hospital BSD, dr Ika Dewi Mayangsari, SpTHT-KL (K).

"Mengorek-ngorek liang telinga anak dengan korek telinga ataupun cotton bud tidak dianjurkan. Karena kotoran telinga bisa keluar sendiri secara alami dan proses pengeluaran terbantu dengan gerakan rahang," imbuhnya dalam keterangan Eka Hospital, Senin (29/3/2021).

Ia menjelaskan, bahwa pada dasarnya telinga mampu mengeluarkan kotoran secara mandiri dengan dibantu oleh gerakan-gerakan yang dilakukan rahang. 

Seperti misalnya saat mengunyah. Ketika rahang melakukan gerakan, kotoran yang luruh akan keluar dengan sendirinya dari dalam telinga.

Penggunaan cotton bud pada anak, beresiko menyebabkan kotoran makin terdorong ke dalam liang telinga sehingga menjadi menumpuk dan dapat menimbulkan Iuka.

Pada banyak kasus, yang sering terjadi adalah anak-anak yang cenderung tak bisa diam atau banyak bergerak saat telinga dibersihkan dengan cotton bud. Hal ini menyebabkan luka pada kulit liang telinga dan gendang telinga.

"Serta juga berisiko bagian cotton bud tertinggal di dalam telinga dan dapat menimbulkan sumbatan hingga risiko perdangan dan infeksi bila tidak segera dikeluarkan," katanya.

Halaman
12
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved