Breaking News:

Jelang Seleksi CPNS dan PPPK, BKN Sebut Jumlah CPNS yang Masuk Tak Sebanding PNS yang Pensiun

Jelang seleksi CPNS dan PPPK 2021, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan jumlah CPNS yang masuk tidak sebanding dengan PNS yang pensiun.

Istimewa
Ilustrasi PNS 

TRIBUNJAKARTA.COM - Jelang seleksi CPNS dan PPPK 2021, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan jumlah CPNS yang masuk tidak sebanding dengan PNS yang pensiun, termasuk formasi guru.

Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen.

Suherman mengungkapkan, pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 5 tahun terakhir menurun sehingga tak sepadan dengan jumlah PNS yang akan memasuki usia pensiun.

Penyebabnya, kata Suharmen, moratorium. Kendati ada pengangkatan CPNS dari sekolah kedinasan, menurutnya itu tidak siginifikan untuk menggantikan PNS pensiun.

"Jumlahnya tidak signifikan yaitu melalui jalur pendidikan kedinasan," kata Suharmen dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi X, Selasa (30/3/2021).

"Tapi jumlah ini juga tidak mampu menutup jumlah PNS yang memasuki batas usia pensiun," sambungnya.

TONTON JUGA:

Ia pun menjabarkan jumlah PNS yang ada saat ini.

Menurutnya, hingga Desember 2020 PNS ada sebanyak 4.168.118. Di antaranya, ada PNS tenaga guru sebanyak 1.418.266 orang.

Baca juga: Sebelum Daftar Seleksi CPNS dan PPPK 2021, Intip Gaji PPPK serta Gaji CPNS yang 80% dari Gaji PNS

"Terdiri dari laki-laki sebanyak 522.007 orang atau 37 persen, dan yang perempuan itu 63 persen atau 896.259 orang," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved