Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Tangsel

Kemenag Tangsel Sebut Anggapan Vaksinasi Siang Hari di Bulan Ramadan Batalkan Puasa Jadi Hambatan

Sebagian warga di Tangerang Selatan (Tangsel) masih ada yang menganggap vaksinasi pada siang hari pada Bulan Ramadan dapat membatalkan puasa.

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Tenaga kesehatan menjalani vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum (RSU) Bungsu, Jalan Veteran, Kota Bandung, Senin (18/1/2021). Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di pos layanan ini dari 14, 15, dan 18 Januari 2021 berjalan lancar, sudah diikuti lebih dari 70 tenaga kesehatan di lingkungan RSU Bungsu dan beberapa tenaga kesehatan dari sejumlah rumah sakit di Kota Bandung. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Sebagian warga di Tangerang Selatan (Tangsel) masih ada yang menganggap vaksinasi pada siang hari pada Bulan Ramadan dapat membatalkan puasa.

Hal itu diungkapkan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Tangerang Selatan (Tangsel), Abdul Rojak, saat dikonfirmasi Jumat (2/4/2021).

Rojakpun meminta kepada Dinas Kesehatan agar memberika kebebasan kepada masyarakat terkait vaksinasi Covid-19 jika dilaksakan siang hari Bulan Ramadan.

Baca juga: Mendekati Ramadan, Vaksinasi Covid-19 Amil dan Marbot di Kota Tangerang Terus Dikebut

"Kami sudah melakukan kordinasi terkait teknis pelaksanaan, kami sarankan bahwa bila vaksinasi dilaksanakan siang hari di bulan suci Ramadan, ya yang paling penting masyarakat muslim yang berpuasa diberikan kebebasan untuk mengikuti vaksinasi atau tidak mengikuti," ujar Rojak.

Kendati demikian, Rojak memaparkan soal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan vaksinasi tidak membatalkan puasa.

"Vaksin siang hari di Bulan Ramadan tidak membatalkan puasa, itu sudah dijelaskan melalui fatwa MUI nomor 13 tahun 2021, jadi tidak membatalkan puasa vaksinasi yang dilaksanakan siang hari," ujarnya.

Rojak sendiri mengimbau agar masyarakat memedomani Fatwa MUI terkait vaksinasi Covid-19

"Jadi seandainya nanti di Bulan Ramadan, pemerintah melalui Dinas Kesehatan melaksanakan vaksinasi ya saya mengimbau kepada masyarakat untuk datang vaksinasi di siang hari Bulan Ramadan," ujarnya.

Baca juga: MUI Kota Tangerang Menyarankan Vaksinasi Covid-19 Saat Ramadan Dilakukan Malam Hari

Rojak juga memberikan pilihan untuk menggelar vaksinasi pada malam hari saat Bulan Ramadan.

Namun Dinas Kesehatan harus mempersiapkan tenaga vakisnatornya untuk bekerja sampai larut malam.

"Cuma risikonya ya paramedisnya tenaga medisnya akan sampai larut malam untuk vaksinasi di Bulan Ramadan."

Baca juga: Bagaimana Hukum Melakukan Swab Test saat Sedang Berpuasa? Simak Penjelasannya

"Tapi dari sisi partisipasi masyarakatnya saya yakin akan lebih tinggi di malam hari. Karena masyarakat sudah selesai puasa, salat tarawih sudah selesai, kondisi badan imun tubuhnya sudah kuat, jadi lebih manfaaat vaksinasi di malam hari," pungkas Rojak.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved