Breaking News:

40 Rumah Warga Kebon Pala Korban Banjir Kali Ciliwung Direnovasi Pemprov DKI

40 rumah direnovasi tersebut berada di wilayah RT 13/RW 04 dan RT 11, RT 06/RW 05 yang berada dekat bantaran Kali Ciliwung

TribunJakarta.com/Bima Putra
Tampak proses renovasi permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu korban banjir Kali Ciliwung yang dibangun berkonsep rumah panggung, Jakarta Timur, Senin (5/4/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Pemprov DKI Jakarta merenovasi sebanyak 40 rumah warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur korban banjir luapan Kali Ciliwung.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan 40 rumah direnovasi tersebut berada di wilayah RT 13/RW 04 dan RT 11, RT 06/RW 05 yang berada dekat bantaran Kali Ciliwung.

"Akan dibuat rumah panggung di sini. Untuk bagian atasnya dijadikan rumah, lalu bagian bawahnya dibuat model panggung setinggi 3,5 meter," kata Anwar saat dikonfirmasi Jakarta Timur, Senin (5/4/2021).

Sementara bagian bawah rumah dibiarkan terbuka sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan bersifat interaksi sosial, termasuk kegiatan usaha warga yang banyak berbisnis kue kering.

Konsep rumah panggung ini siasat Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan banjir di permukiman warga Kebon Pala yang sudah puluhan tahun jadi korban banjir luapan Kali Ciliwung.

"Anggarannya dari Bazis (Badan Amil Zakat dan Infaq/Shadaqah DKI Jakarta). Atasnya rumah, di bawahnya tempat interaksi sosial. Baik untuk workshop dia, membuat kue, makanan, dan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Kakek Bejat di Pademangan Cabuli Cucu Tiri hingga Tewas, Ancam Bunuh Keluarga Jika Korban Melapor

Baca juga: Sebelum Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Gubernur Anies Bakal Kebut Vaksinasi Lansia

Baca juga: Polda Metro Jaya: Kartu Anggota Perbakin Milik MFA Sudah Dibekukan Sejak Lama

Meski tidak membeberkan anggaran yang dipakai, Anwar menuturkan di tahap awal renovasi 18 rumah ditarget rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada bulan Mei 2021 nanti.

Peletakan batu pertama pembangunan bedah rumah warga Kebon Pala berkonsep rumah panggung ini sudah dilakukan pada Rabu (31/3/2021) lalu dan kini pembangunan sudah berjalan.

"Semua UKPD (unit perangkat kerja daerah) ikut intervensi di sini, baik Sudin Bina Marga, SDA (Sumber Daya Air), Dinas Perumahan. Supaya kawasan ini benar-benar terintegrasi dengan baik," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved