Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

MUI Kota Bekasi Usul Wilayah Zona Merah Tidak Gelar Tarawih Berjemaah di Masjid

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi menyikapi rencana kebijakan pemerintah yang membolehkan salat tarawih berjamaah.

Tribunnews/Jeprima
Umat Islam melakukan salat tarawih di rumahnya di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (4/5/2020). Sebagian warga di Jakarta melaksanakan ibadah shalat tarawih di rumah masing-masing mengikuti imbauan pemerintah terkait Pandemi COVID-19. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi menyikapi rencana kebijakan pemerintah yang membolehkan salat tarawih berjemaah di lingkungan zona hijau sebaran Covid-19.

Sekertaris MUI Kota Bekasi Hasnul Pasaribu mengatakan, pihaknya bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah melakukan rapat.

Dalam rapat tersebut, memang ada wacana yang selanjutnya akan dibuat semacam maklumat wali kota terkait pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadan 1442 Hijriyah.

Baca juga: TOK! Pemerintah Perbolehkan Salat Tarawih dan Salat Idul Fitri Berjamaah

"Kami sudah rapat, tapi memang belum dibuat edarannya. Masih menunggu perkembangan kasus Covid-19 yang naik turun," kata Hasnul, Senin (5/4/2021).

Dalam wacana tersebut, MUI Kota Bekasi dan Pemerintah Kota sepakat membolehkan umat islam menggelar kegiatan ibadah berjemaah seperti salat tarawih di masjid.

"Jadi memang boleh dilaksanakan, tetapi untuk RW zona hijau, kalau misalnya zona merah disarankan jangan dulu," ungkap Hasnul.

Peran pengurus lingkungan RT/RW dalam hal ini menurut dia sangat penting, secara berkala harus memantau betul perkembangan kasus Covid-19 di lingkungan tempat tinggalnya.

"Dia (pengurus RT/RW) harus aktif nanya perkembangan zona wilayahnya, misal minggu ini zona hijau, minggu depannya zona kuning itu udah harus hati-hati," terang dia.

Baca juga: BREAKING NEWS Pemerintah Izinkan Salat Tarawih dan Ied Berjemaah

MUI Kota Bekasi juga menyarankan, satuan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) membentuk satgas khusus untuk pelaksanaan ibada bulan suci Ramadan.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved