Breaking News:

Advokat Togar Situmorang Beri Saran Terkait Uji Coba Belajar Tatap Muka di DKI Jakarta

Kegiatan uji coba belajar tatap muka untuk sekolah di DKI Jakarta akan dimulai pada Rabu (7/4/2021) besok, dan akan berlangsung hingga 29 April 2021.

ISTIMEWA
Advokat Togar Situmorang. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kegiatan uji coba belajar tatap muka untuk sekolah di DKI Jakarta akan dimulai pada Rabu (7/4/2021) besok, dan akan berlangsung hingga 29 April 2021.

Kebijakan ini sejalan dengan keputusan pemerintah pusat yang sudah mengizinkan sekolah tatap muka digelar di tengah pandemi Covid-19.

Meski demikian, tak semua sekolah di Ibu Kota bisa menggelar uji coba belajar tatap muka.

Setiap sekolah harus melalui evaluasi (assesment) dan memenuhi sejumlah persyaratan untuk pembelajaran tatap muka.

Pengamat Kebijakan Publik Togar Situmorang, SH, MH, MAP, C.Med, CLA, menilai akan sejumlah persyaratan di antaranya adalah penyediaan fasilitas untuk mendukung protokol kesehatan pencegahan Covid-19, misalnya wastafel untuk cuci tangan.

Kemudian, sekolah juga harus mengantongi izin dari orangtua murid bahwa anaknya diperbolehkan mengikuti pembelajaran tatap muka.

Togar Situmorang, SH MH MAP sebagai advokat kondang Indonesia.
Togar Situmorang, SH MH MAP sebagai advokat kondang Indonesia. (ISTIMEWA)

Lalu, sekolah juga harus bekerja sama dengan fasilitas kesehatan terdekat untuk antisipasi apabila ada siswa yang sakit saat tengah belajar di sekolah.

“Misalkan ada siswa yang sakit tidak boleh memasuki kelas, tapi dirujuk ke rumah sakit atau puskesmas,” menurut Togar.

Selain harus memenuhi sejumlah persyaratan, sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka tentunya harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Oleh karenanya, siswa kelas 1-3 SD yang lebih sulit diatur dalam menerapkan protokol kesehatan tetap mengikuti pembelajaran daring dari rumah.

Halaman
123
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved