Breaking News:

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Pemprov DKI Berencana Buat 101 Km Jalur Sepeda Tahun Ini

Pemprov DKI Jakarta berencana melanjutkan kembali proyek pembuatan jalur sepeda yang sempat tertunda pada 2020 lalu imbas pandemi Covid-19.

Dok Sudin Kominfotik Jaksel
Sejumlah petugas Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan berjaga di jalur sepeda yang berada di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. 

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta berencana melanjutkan kembali proyek pembuatan jalur sepeda yang sempat tertunda pada 2020 lalu imbas pandemi Covid-19.

Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan menargetkan membuat 101 kilometer jalur sepeda sepanjang tahun 2021.

"Tahun ini target kami ada tambahan sekira 101 kilometer (jalur sepeda), termasuk yang 11,2 kilometer (jalur sepeda permanen)," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Sabtu (10/4/2021).

Untuk pembuatan jalur sepeda sepanjang 11,2 km di kawasan Sudirman-Thamrin, Syafrin menyebut, Pemprov DKI tak mengeluarkan dana sepeserpun.

Seluruh biaya pembuatan jalur sepeda permanen, termasuk tugu sepeda ditanggung sepenuhnya oleh pihak swasta.

Walau demikian, pembuatan puluhan kilometer jalur sepeda lainnya tetap dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI.

TONTON JUGA:

"Untuk yang selebihnya (diluar jalur sepeda permanen 11,2 km) kita akan gunakan APBD," ujarnya.

Baca juga: Direncanakan Rampung Mei 2021, Begini Desain Tugu Sepeda Buatan Anies Baswedan Seharga Rp800 Juta

Namun, sayangnya anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini tak mau mengungkapkan besaran dana yang dianggarkan untuk membuat jalur sepeda tersebut.

"Aduh lupa saking ngurusin Covid-19 terus," kata Syafrin berkilah.

Baca juga: Larang Mudik Lebaran 2021, Polda Metro Jaya Perluas Penyekatan di Jalur Tikus Terutama di Perbatasan

Hingga akhir masa jabatan Gubernur Anies Baswedan, Pemprov DKI menargetkan membuat 200 km jalur sepeda yang tersebar di lima wilayah kota administrasi.

"Memang ada target kami akan menyelesaikan sampai tahun 2022 ada 200 km. Itu akan ada mix antara jalur mix traffic dengan permanen," tuturnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved