Breaking News:

Apa Itu Penyakit Herpes Zoster? Proses Penularannya Hampir Serupa dengan Covid-19

CEO Klinik Pramudia, dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV mengatakan bahwa Herpes Zoster perlu menjadi perhatian masyarakat di masa pandemi ini.

freepik
Ilustrasi. Herpes zoster atau cacar api adalah infeksi pada saraf dan kulit di sekitarnya . 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - CEO Klinik Pramudia, dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV mengatakan bahwa Herpes Zoster perlu menjadi perhatian masyarakat di masa pandemi ini.

Apa itu Herpes Zoster?

Penyakit Herpes Zoster (HZ) disebut memiliki kesamaan cara penularan seperti virus corona (Covid-19), yakni melalui udara.

Hal itu karena munculnya penyakit Herpes Zoster dan Covid-19 pada tubuh seseorang, disebabkan oleh virus yang berkaitan erat dengan daya tahan tubuh atau imunitas seseorang.

Baca juga: Bongkar Alasan Desiree Cek HP Mantan ART, Hotman Paris: Kalau Bisa Dibuktikan, Silahkan Jalan Terus

"Bila daya tahan tubuh kita kuat maka walaupun terpapar oleh virus, sel imun (Immunoglobulin) dapat memberikan pertahanan yang baik dan cukup untuk menghancurkan virus yang masuk sehingga tidak mudah terserang penyakit," ujar dr Anthony, dalam virtual media briefing bertajuk 'Bagaimana Jika Terkena Herpes Di Masa Pandemi Covid-19', Kamis (8/4/2021).

Ia menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari 1 tahun telah membuat banyak orang mengalami lelah dan stres, sehingga memicu terjadinya penurunan imun tubuh.

Baca juga: Ini yang Perlu Anda Waspadai Agar Tidak Tertular Herpes Zoster

"Pada masa pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun ini, secara umum kita cenderung mengalami penurunan daya tubuh akibat stres psikis serta kelelahan yang berkepanjangan untuk selalu waspada terhadap virus Covid-19, maka sangatlah mungkin seseorang lebih mudah terkena HZ pada masa ini," kata dr Anthony.

Bagi sebagian besar orang, kata dia, rasa nyeri yang ditimbulkan penyakit Herpes Zoster ini akan berkurang seiring menghilangnya ruam pada kulit.

Namun bagi beberapa orang, Herpes Zoster dapat menyebabkan komplikasi seperti rasa nyeri yang menetap yang disebut Neuralgia Paska Herpes (NPH).

Baca juga: Viral Aksi Maling Bawa Kabur Satu Plastik Handphone di Kantong Plastik, Begini Ciri Pelaku

" Komplikasi ini muncul sebagai akibat rusaknya serabut syaraf akibat dari aktivitas virus yang berulang," jelas dr Anthony.

Halaman
1234
Editor: Siti Nawiroh
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved