Breaking News:

Jemaah Salat Tarawih di Masjid Agung At-Tin Dibatasi Maksimal 1.500 Jamaah

Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur membatasi jumlah jemaah selama pelaksanaan ibadah Salat Tarawih pada bulan Ramadan 1442.

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Suasana di Masjid Agung At-Tin, Jumat (5/6/2020) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur membatasi jumlah jemaah selama pelaksanaan ibadah Salat Tarawih pada bulan Ramadan 1442 Hijriah guna mencegah penularan Covid-19.

Kepala Bidang Peribadatan Masjid At-Tin, Karnali mengatakan pembatasan jemaah dilakukan dengan menerapkan jaga jarak 1-1,5 meter antar jemaah dalam satu saf saat pelaksanaan Salat Tarawih.

"Kapasitas kita paling 1.500, itu setelah dibagi jarak. Insya Allah menampung. Memang ada pembatasan, cuman kita kan sulit membatasinya ketika orang udah sampai. Alhamdulillah tempat kita luas," kata Karnali saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Minggu (11/4/2021).

Nantinya ditempatkan sejumlah petugas yang mengawasi dan mengimbau jemaah agar mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan selama berada di area Masjid Agung At-Tin.

Spanduk-spanduk imbauan agar jemaah yang sengaja datang dari berbagai wilayah mematuhi protokol kesehatan pun akan dipasang sehingga penerapan protokol kesehatan dipastikan ketat.

"Ketika ruang Salat penuh kita siapkan di sayap kanan dan kirinya, kalaupun penuh kita naikkan ke lantai tiga. Jumlah rakaatnya yang biasa kita laksanakan 23 karena ada imbauan tidak berlama-lama di masjid kita pakai yang 11 rakaat," ujarnya.

Dalam pelaksanaan ibadah Salat Tarawih ini sosok Muazin, Imam, hingga penceramah berasal dari pihak internal Masjid Agung At-Tin guna memudahkan pengurus berkoordinasi.

Karnali menuturkan pihaknya juga mengimbau para jemaah agar langsung pulang setelah melaksanakan ibadah Salat Tarawih guna mencegah kerumunan warga di area Masjid.

"Kita arahkan jemaah langsung pulang setelah ibadah. Begitu selesai kita akan matikan lampunya, lampu-lampu besar di Masjid At-Tin," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved