Breaking News:

Yayasan Harapan Kita: Kami Tak Pakai Uang Negara Selama Kelola TMII

Yayasan Harapan Kita menyatakan pihaknya tidak pernah menggunakan anggaran pemerintah selama 44 tahun mengelola TMII, Jakarta Timur.

Kompas Images
Pengunjung memadati Teater Imax Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Yayasan Harapan Kita menyatakan pihaknya tidak pernah menggunakan anggaran pemerintah selama 44 tahun mengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Yayasan Harapan Kita menyatakan pihaknya tidak pernah menggunakan anggaran pemerintah selama 44 tahun mengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Sekretaris Yayasan Harapan Kita, Tria Sasangka Putra mengatakan selama mengelola TMII pihaknya tidak pernah menggunakan anggaran APBD Pemprov DKI Jakarta dan APBN pemerintah pusat.

"Yayasan Harapan Kita sebagai penerima tugas negara tidak pernah mengajukan atau meminta kebutuhan anggaran dari pengelolaan TMII kepada negara atau pemerintah sesuai amanat Keppres No 51 Tahun 1977," kata Tria di Jakarta Timur, Minggu (11/4/2021).

Menurutnya seluruh pembangunan fasilitas, perbaikan, hingga perawatan TMII yang menggunakan dana Yayasan Harapan Kita merupakan kontribusi pihaknya kepada negara.

Dia juga membantah seluruh pembiayaan tersebut membuat TMII menjadi milik Yayasan Harapan Kita, menurutnya TMII sebagai tempat wisata edukasi tetap merupakan aset negara.

"Yayasan Harapan Kita selalu memberikan bantuan kepada TMII yang termasuk membiayai secara mandiri peningkatan, pengembangan TMII. Sehingga dengan demikian Yayasan Harapan Kita tidak pernah membebani dan merugikan keuangan negara," ujarnya.

Dirut Utama TMII, Tanribali Lamo menuturkan bantuan yang diberikan Yayasan Harapan Kita dalam pengelolaan di antaranya untuk membayarkan gaji pegawai saat pandemi Covid-19.

Alasannya semenjak pandemi Covid-19 melanda keuntungan didapat anjlok akibat adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang melarang tempat wisata beroperasi.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved