Breaking News:

Ramadan 2021

Gelar Rukyatul Hilal, Jakarta Islamic Centre Perkirakan Ramadan Jatuh Selasa 13 April 2021 Besok

Kepala Sub Divisi Pengkajian JIC Paimun Karim menuturkan, pemantauan hilal diadakan di Markas Hisab yang berada di Pulau Karya, Kabupaten Kepulauan.

WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
ILUSTRASI Anggota Lajnah Falakiiyah PBNU tengah meneropong matahari untuk melihat Rukyah Hilal di Gedung Season City, Tambora, Jakarta Barat, Senin (8/7/2013). Hilal tersebut untuk menentukan awal puasa bagi umat Islam. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KOJA - Tim Falakiyah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) melakukan pemantauan Ramadan atau rukyatul hilal di Kepulauan Seribu, Senin (12/4/2021).

Kepala Sub Divisi Pengkajian JIC Paimun Karim menuturkan, pemantauan hilal diadakan di Markas Hisab yang berada di Pulau Karya, Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Dari hisab Ephemeris 2021 dengan markas hisab Pulau Karya, diperoleh data bahwa sudah terjadi ijtima atau konjungsi pada hari Senin, 12 April 2021, pukul 9.30 WIB," kata Paimun.

Baca juga: Jaksa Hadirkan Saksi Memberatkan, Kuasa Hukum Riziq Shihab Mengaku Sudah Siap

"Adapun informasi yang diperoleh ketika matahari terbenam pada jam 17.54 WIB, umur bulan sudah 8 jam 23 menit 49 detik dengan ketinggian bulan atau irtifa' 4 derajat 8 menit 29 detik," sambung Paimun.

Dari hasil rukyatul hilal tersebut, Tim Falakiyah JIC memperkirakan Ramadan jatuh esok hari, Selasa (13/4/2021).

Namun demikian, lanjut Paimun, keputusan tergantung hasil pemantauan hari ini dan pengumuman  pemerintah dari hasil Sidang Isbat Kementerian Agama Republik Indonesia.

Baca juga: Ancam Tindakan Tegas, Polisi: Tidak Ada Celah Bagi Travel Gelap yang Nekat Bawa Pemudik

Sidang rencananya akan diselenggarakan hari ini selepas magrib.

Penetapan ini berdasarkan hasil hisab dan juga rukyatul hilal yang dilakukan di 86 pos observasi bulan (POB) dan tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved