Breaking News:

Ramadan 2021

Wagub DKI: Masjid Dilarang Gelar Buka Puasa Bersama, Restoran dan Mal Boleh Buka Sampai Sahur

Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengatakan, masjid dilarang keras untuk mengadakan buka puasa bersama dan sahur bersama.

Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONISIUS ARYA BIMA SUCI
Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ditemui di Balai Kota, Rabu (7/4/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta mengizinkan pusat perbelanjaan atau mal dan restoran dibuka penuh selama bulan Ramadhan 1442 Hijriyah.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan sampai melayani sahur untuk rumah makan.

Tentu kebijakan itu disambut gembira umat muslim di Jakarta, karena bagi mereka yang tidak sempat masak di rumah, ada pilihan lain.

Baca juga: Buru Gelandangan dan Pengemis Musiman Hingga ke TPU, Kepala Satpol PP DKI: 900 PMKS Sudah Tercatat

"Ya tentu yang tempat-tempat restoran mal-mal itu diperbolehkan tetap dibuka," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (12/4/2021).

Meski demikian, kata Riza, ada ketentuan pembatasan pengunjung maksimal 50 persen dari maksimal kapasitas yang ada serta jam operasional buka.

Untuk makan di tempat (dine in) sampai pukul 22.30 WIB dan dapat beroperasi kembali pada pukul 02.00-04.30 WIB untuk melayani kebutuhan sahur.

Aturan itu berdasarkan Keputusan Gubernur (Kephub) Nomor 434 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Gubernur Nomor 405 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro yang ditandatangani pada 9 April 2021.

Tak cuma restoran atau mal, Pemprov DKI juga telah memberi lampu hijau bagi masjid untuk menggelar ibadah yang rutin dilaksanakan setiap bulan puasa seperti Salat Tarawih dan tadarusan.

"Sekalipun diperbolehkan kita melaksanakan ibadah di masa pandemi, namun mohon diperhatikan kapasitasnya sesuai dengan ketentuan, yaitu 50 persen," katanya.

Baca juga: Buat Aturan Ibadah Selama Ramadan, Pemprov DKI Batasi Ceramah Saat Salat Tarawih Maksimal 15 Menit

Tapi, kata politikus Gerindra ini, masjid dilarang keras untuk mengadakan buka puasa bersama dan sahur bersama.

Hal itu katena kegiatan itu disinyalir susah menjalankan protokol kesehatan sehingga dikhawatirkan menjadi penyebaran Covid-19.

"Silakan buka dan sahur di rumah masing-masing, kecuali di resto rumah makan itu dipersilakan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul JANGAN Bingung, Pemprov DKI Izinkan Restoran di Mal dan Pusat Perbelanjaan Buka Layani sampai Sahur

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved