Breaking News:

Menteri Tjahjo Kumolo Resmikan Mal Pelayanan Publik Tangsel, Pelayanan 16 Instansi Dalam Satu Pintu

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, meresmikan Mal Pelayanan Publik.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir | Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Tangerang Selatan (Tangsel) yang berada di Jalan Raya Serpong Kilometer 16, Cilenggang, Serpong, pada Kamis (15/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Tangerang Selatan (Tangsel) yang berada di Jalan Raya Serpong Kilometer 16, Cilenggang, Serpong, pada Kamis (15/4/2021).

Didampingi Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi, Tjahjo meresmikan MPP dengan menekan tombol dan penandatanganan prasasti.

Tjahjo mengapresiasi kehadiran MPP Tangsel dan berharap mampu memberikan pelayanan yang cepat.

Baca juga: Seminggu Lagi Lepas Jabatan Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany Bakal Fokus Urus Anak dan Golkar

“Pengurusan izin tidak lagi dalam hitungan hari melainkan jam, mengenai izin investasi dan izin ekspor, semua pengurusan tidak boleh dipersulit,” kata Tjahjo dalam keterangan resmi Pemkot Tangsel.

MPP merupakan komitmen pemerintah dalam reformasi birokrasi, sehingga meningkatnya keyakinan investor untuk menanamkan investasi di Indonesia. 

”Negara-negara lain, sudah merasakan dampak baik dari reformasi birokrasi sehingga pemerintah dapat cepat melayani, memberikan perijinan dan cepat mengambil keputusan dalam kondisi apapun,” ujar Tjahjo.

“Jadi, reformasi birokrasi bukan hanya penyederhanaan birokrasi saja. Tetapi, mempercepat kualitas peningkatan sumber daya manusia, membangun tata kelola pemerintahan yang cepat mengambil inisiatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Baca juga: Hadiri Rapat Paripurna Terakhir Jabat Wali Kota Tangsel, Airin Dapat Banyak Bunga dan Lukisan

Tjahjo menegaskan, MPP bukan hanya sentralisasi pelayanan, melainkan juga integrasi sistem pelayanan antar instansi.

“Jadi, hadirnya MPP ini, bukan mengumpulkan pelayanan dalam satu gedung tetapi mengintegrasikan sistem pemerintahan baik pusat maupun daerah, baik provinsi dan kabupaten/kota, BUMN, BUMD, maupun swasta, dalam konsep ini layanan menjadi mudah dan lebih cepat. Masyarakat harus ditempatkan sebagai pelanggan yang perlu diberikan pelayanan yang memuaskan, cepat dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik,” ucapnya.

Sementara, Airin menjelaskan, MPP bisa melayani 212 urusan peizinan dan non perizinan dari 16 instansi berbeda.

”MPP Tangerang Selatan memiliki 212 jenis perijinan dan non perijinan dari 16 instansi. Diharapkan dengan berbagai unit pelayanan yang berkaitan perijinan seperti DPMTSP, Bapenda, Disdukcapil, imigrasi, BPN, Pengadilan Agama, Kejaksaan, Kementerian Agama, KPP Pratama, PLN, BJB dan PT PITS akan semakin mudah dan cepat menerbitkan perijinan usaha," kata Airin.

Ia menambahkan fasilitas MPP Tangerang Selatan meliputi ATM center, klinik kesehatan, toilet, pojok baca, kafetaria, area bermain anak, dan ruang laktasi. 

Selain itu juga terdapat sarana dan prasarana yang ramah kaum rentan serta disabilitas seperti guiding block, jalur landai, pegangan rambat, ruang tunggu khusus disabilitas, loket khusus disabilitas, dan parkir disabilitas. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved