Breaking News:

Ramadan 2021

Olahraga Setelah Sahur Baik Tapi Kamu Harus Pertimbangkan Ini Ya

Berolahraga setelah sahur selama bulan Ramadan dianggap sebagai hal yang baik. Namun kamu harus mempertimbangkan puasa tidak terganggu.

Hello Sehat
Ilustrasi Olahraga. Berolahraga setelah sahur selama bulan Ramadan dianggap sebagai hal yang baik. Namun kamu harus mempertimbangkan puasa tidak terganggu. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Berolahraga setelah sahur selama bulan Ramadan dianggap sebagai hal yang baik.

Namun kamu harus mempertimbangkan puasa tidak terganggu.

Berolahraga setelah sahur dianggap baik karena energi telah terkumpul setelah mengkonsumsi makanan sebelum memulai ibadah puasa.

dr. Pinky Regina Garmiati dari Balai Kesehatan Olah Raga Masyarakat (BKOM) Bandung mengatakan bahwa waktu latihan fisik setelah sahur merupakan pilihan yang baik.

"Pilihan yang lain adalah sesudah sahur, itu mungkin bisa dibilang salah satu pilihan baik karena kita baru selesai makan dan energinya sudah terkumpul, sudah banyak, maka (olah raga) bisa dilakukan di pagi hari," ujar dr Pinky, dalam talk show live Instagram @radiokesehatan, Jumat (16/4/2021).

Namun ada yang perlu diperhatikan yakni olah raga pada pagi hari dapat membuat jumlah cairan tubuh yang keluar lebih banyak.

Sedangkan waktu berbuka puasa masih lama, namun tubuh perlu segera mengkonsumsi air untuk menggantikan cairan yang hilang selama melakukan latihan fisik.

"Cuma memang harus dipertimbangkan juga, jangan sampai terganggu berpuasanya. Cairan tubuh yang keluar juga akan banyak, akhirnya belum sampai tengah hari (berpuasa) kita sudah kehausan ya, sudah dehidrasi," kata dr Pinky.

Baca juga: Mau Dapat BLT UMKM 2021 Sebesar Rp 1,2 Juta? Simak Tahap demi Tahapnya

Baca juga: Masa Kecil Benyamin Davnie saat Ramadan, Berendam saat Puasa Hingga Main Petasan Meledak di Telinga 

Oleh karena itu, kata dia, risiko ini harus menjadi pertimbangan mereka yang ingin berolah raga setelah sahur.

Termasuk yang ingin melakukan olah raga pada sore menjelang berbuka puasa maupun setelah salat tarawih.

Ilustrasi Olahraga
Ilustrasi Olahraga (dok. Fairmont Jakarta)

Memilih jenis latihan fisik yang akan dilakukan selama ramadan pun sangat penting karena dapat menentukan banyak atau tidaknya cairan tubuh yang hilang.

"Makanya ini harus dipertimbangkan untuk pemilihan-pemilihan jam untuk latihan fisik, termasuk jenis latihan fisiknya," jelas dr Pinky.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mau Olahraga Usai Sahur? Baik Sih, Tapi Bisa Picu Cairan Tubuh Keluar Lebih Banyak,

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved